6 Fullback di Liga Premier Ini Harganya di Atas Rp 600 Miliar

"Fullback menjadi kebutuhan era sepakbola modern yang semakin mahal. Sulit disangka, 3 di antaranya milik Manchester City!"

Feature | 25 September 2020, 03:11
6 Fullback di Liga Premier Ini Harganya di Atas Rp 600 Miliar

Libero.id - Tidak masuk rencana Ronald Koeman, Nelson Semedo akhirnya meninggalkan Barcelona menuju Liga Premier. Fullback asal Portugal itu dikontrak Wolverhampton Wanderers setelah dibeli 27 juta pounds. Nilainya bisa naik 37 juta pounds tergantung performa di Molineux Stadium.

Keberadaan gerbong Portugal di bawah asuhan Nuno Espirito Santo menjadi alasan utama Semedo bersedia bergabung dengan Wolves. Masuknya Semedo semakin mempertegas proyek ambisius Wolverhampton. Meski kehilangan Diogo Jota yang hijrah ke Liverpool, mereka sudah mengamankan pemain-pemain muda potensial seperti Ki-Jana Hoever (Liverpool), Marcal (Olympique Lyon), hingga Fabio Silva (FC Porto).

"Sangat jarang kami mendapat kesempatan merekrut pemain kelas dunia dari klub kelas dunia. Perekrutan Nelson menunjukkan kami tak berhenti melangkah maju, dan kami masih lapar, tapi tetap rendah hati," kata CEO Wolves, Jeff Shi, di situs resmi klub.

Semedo pindah setelah tampil mengecewakan di La Liga. Selama tiga musim, mantan pemain Benfica itu hanya merumput 82 kali. Musim lalu menjadi yang paling menyedihkan. Meski bermain 32 kali, Semedo gagal membantu Barcelona mendapatkan trofi.

"Saya sangat senang berada di sini. Wolverhampton adalah tim yang sangat bagus. Bermain di Premier League juga menjadi mimpi saya. Saya memilih Wolves karena merupakan tim yang sangat bagus dan memainkan sepakbola menarik. Musim lalu berjalan baik untuk tim ini. Semoga musim ini kami bisa meraih banyak hal bagus," ungkap Semedo.

Dengan harga 27 juta pounds, Semedo masuk dalam barisan full back berharga mahal di kompetisi elite Inggris. Tapi, di atas dia masih ada yang lebih mahal lagi. Berikut ini 6 pemain tersebut:

1. Joao Cancelo (Manchester City, 58,5 juta pounds atau Rp 1,1 triliun)

Libero.id

Kredit: instagram.com/jpcancelo

Pada 7 Agustus 2019, Cancelo bergabung ke Man City dari Juventus. Th Citizens menyerahkan uang tunai 27,4 juta pounds plus Danilo. Jika ditotal, penjualan pemuda asal Portugal tersebut mencapai angka hampir 60 juta pounds. Itu menjadikan Cancelo fullback termahal di Inggris.

Cancelo menjalani debut Premier League pada 25 Agustus 2019 melawan Bournemouth sebagai pengganti Kyle Walker di sisi kanan. Saat itu, Man City menang 3-1.

Uniknya, sejak 7 Agustus 2020, Pep Guardiola mengubah posisi Cancelo dari bek kiri menjadi bek kanan. Eksperimen itu dilakukan saat Man City memainkan leg II babak 16 besar kontra Real Madrid. Cancelo bermain bagus dan membantu The Citizens menang 2-1. Setelah itu, Guardiola terus memainkan mantan personel Valencia tersebut di kiri.

2. Benjamin Mendy (Manchester City, 51,75 juta pounds atau Rp 980 miliar)

Pada 24 Juli 2017, Man City mencapai kesepakatan dengan AS Monaco untuk transfer Mendy senilai hampir 52 juta pounds. Biaya transfer Mendy melampaui rekor Kyle Walker, yang ditetapkan 10 hari sebelumnya. Juga oleh Man City.

Sayang, Mendy tidak mampu menjawab harga mahalmnya. Hanya beberapa pekan setelah kompetisi 2017/2018 dimulai, dia cedera ligamen lutut dan harus menjalani operasi di Barcelona pada 29 September 2017. Mendy kembali dari cedera pada 22 April 2018 sebagai pemain pengganti Fabian Delph pada menit 75 dalam pertandingan melawan Swansea City.

Peruntungan Mendy di Man City tetap tidak membaik. Pada musim 2018/19, Mendy bermain 10 kali di Liga Premier. Lalu, pada 14 November 2018, diumumkan bahwa Mendy harus menjalani operasi di Barcelona lagi karena masalah tulang rawan di lutut kirinya. Akibatnya, selama 4 musim, dia baru merumput 37 kali di liga.

3. Aaron Wan-Bissaka (Manchester United, 49,5 juta pounds)

Libero.id

Kredit: manutd.com

Pada 29 Juni 2019, Wan-Bissaka menandatangani kontrak 5 tahun dengan sesama klub Liga Premier, Manchester United. Crystal Palace akan menerima transfer fee awal 45 juta pounds dengan 4,5 juta pounds sisanya sebagai bonus yang tergantung penampilan di Old Trafford. Setelah menandatangani kontrak, Wan-Bissaka menjadi bek termahal keenam sepanjang masa dan pemain Inggris termahal yang bukan berstatus anggota The Three Lions.

Wan-Bissaka melakukan debut pada 11 Agustus 2019. Saat itu, dia bermain 90 menit 4-0 atas Chelsea.  Hebatnya, pada akhir musim 2019-20, Wan-Bissaka dan Wilfred Ndidi tercatat sebagai pemain yang banyak melakukan tekel sukses di Liga Premier dengan 129 kali.

4. Kyle Walker (Manchester City, 47,43 juta pounds)

Pada 14 Juli 2017, Walker menandatangani kontrak 5  tahun dengan rival Tottenham Hotspur di Liga Premier, Manchester City. Itu adalah transfer yang dilaporkan bernilai biaya awal 45 juta pounds dan bisa naik menjadi maksimal 50 juta pounds tergantung performa di lapangan.

Dia melakukan debut kompetitifnya saat melawan Brighton and Hove Albion pada 12 Agustus 2017. Tapi, beberapa hari kemudian dia diusir karena dua pelanggaran yang berujung dua kartu kuning saat melawan Everton.

Walker menandatangani kontrak baru dengan klub pada Juni 2019. Lalu, pada 6 November 2019, dalam pertandingan tandang Liga Champions melawan Atalanta Bergamo, Walker menjadi kiper pengganti Claudio Bravo, yang dikeluarkan dari lapangan oleh wasit. Saat itu, dia tidak kebobolan saat pertandingan berakhir imbang 1-1.

Selain kegemilangan, karier Walker di Etihad Stadium juga diwarnai aksi kurang simpatik. Pada  5 April 2020, Walker telah melanggar aturan lockdown nasional di Inggris dengan mengundang dua pekerja seks komersial ke rumahnya di tengah pandemi global Virus Corona. Satu bulan kemudian, dia kembali melanggar aturan karantina dengan melakukan perjalanan ke Sheffield.

5. Ben Chilwell (Chelsea, 45,18 juta pounds)

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Chilwell sebenarnya baru menandatangani kontrak baru dengan Leicester City pada 20 Oktober 2018 dan berlaku hingga 31 Juni 2024. Tapi, pada 26 Agustus 2020, Chilwell ditransfer ke Chelsea dengan biaya sekitar 45 juta pounds. Pada 23 September 2020, Chilwell melakukan debut saat The Blues menghajar Barnsley 6-0 di Piala Liga.

6. Luke Shaw (Manchester United, 31,5 juta pounds)

Pada 27 Juni 2014, Shaw menandatangani kontrak 4 tahun dengan Manchester United setelah ditransfer 31,5 juta pounds dari Southampton. Saat itu, dia berstatus pemain muda termahal di dunia. Tapi, sebelum musim dimulai, dia menderita cedera hamstring yang mengharuskan absen 1 bulan.

Meski membantu MU menjuarai Liga Eropa 2016/2017, Shaw tidak banyak mendapatkan kesempatan bermain. Memasuki musim ketujuh, pemuda berusia 25 tahun itu baru menghabiskan 97 pertandingan Liga Premier. Musim lalu, dirinya hanya bermain 24 kali. Jumlah penampilan paling sedikit Shaw dijalani pada 2015/2016, yaitu 5 kali.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network