Baru Terungkap, Ini Isi Laporan Pemandu Bakat Saat Sodorkan Maradona ke Barcelona

"Ibarat raport anak sekolah, semua tentang Maradona nyaris mendapat nilai 10. Bahkan ada 4 hal yang nilainya 10. Langka!"

Feature | 27 November 2020, 06:24
Baru Terungkap, Ini Isi Laporan Pemandu Bakat Saat Sodorkan Maradona ke Barcelona

Libero.id - Pelatih legendaris Argentina Cesar Luis Menotti membuat laporan tentang Diego Maradona pada tahun 1978 dan mengirimkannya ke Barcelona. Itu adalah laporan dari pemandu bakat kepada tim yang tertarik untuk merekrut si pemain.

Penyerang Argentina itu tiba di Barcelona empat tahun kemudian dari Boca Juniors, setelah laporan disodorkan.

Laporan Menotti ditulis setelah pertandingan antara Boca Juniors dan Argentinos Juniors dan merupakan informasi pertama yang diterima Barcelona tentang penyerang tersebut.

Libero.id

Laporan tentang Diego Maradona

Maradona baru berusia 17 tahun dan menonjol karena keterampilan yang dia tunjukkan di lapangan liga Argentina.

Menotti menggarisbawahi semua kualitas pemenang Piala Dunia 1986, yang saat itu masih sangat muda.

BERIKUT ISINYA:

LAPORAN PEMAIN: Diego Armando Maradona

TINGKAT PENILAIAN: Sangat bagus, luar biasa. Kecepatan 9.5. Kecepatan saat start 9.5. Saat Membawa Bola 9.1. Tanpa Bola 9.5. Kelincahan 9.5. Kekuatan melompat 8.

KONDISI MORAL: Kekuatan mental 10. Kemauan untuk Bangkit 10. Konsentrasi 10. Egoisme 0. Kepribadian 10.

TEKNIK UMUM: Tak terkalahkan

TEKNIK TERTENTU: Luar biasa, efektif dan hanya menggiring bola. Kekuatan luar biasa. Keberanian yang luar biasa. Efisiensi luar biasa. Tembakan yang sangat bagus. Umpan yang bagus. Akurasi total. Visi lengkap. Sundulan rata-rata. Kepemimpinan yang baik. Kekuatan yang sangat bagus untuk menahan bola. Perlindungan bola yang luar biasa.

TAKTIK INDIVIDU: Kecerdasan lengkap dalam sepak bola. Akal lengkap untuk sepakbola. Visi yang bagus. Kecepatan sangat baik dalam efisiensi.

KESIMPULAN UMUM: Muda. Ia lahir pada tanggal 30/10/1960. Dia memiliki kualitas teknis yang luar biasa, dribbling yang bagus. Dia memiliki visi gol yang bagus, tetapi dia tahu bagaimana memberi bola kepada rekan setimnya yang berada di tempat terbaik. Refleks yang luar biasa. Dia melindungi bola dengan sangat baik untuk segera memainkannya dengan efisiensi tinggi. Umpan dan operan pendeknya benar-benar menakjubkan. Perubahan kecepatan yang luar biasa.

'Luar biasa', 'tak terkalahkan', 'kecerdasan lengkap dalam sepak bola', 'kekuatan luar biasa', kata-kata dan frasa yang dengan sempurna menggambarkan pria hebat itu.

Satu-satunya kritik kecil yang ditujukan pada Maradona dalam laporan yang dikirim ke Barcelona adalah fakta bahwa dia memiliki 'heading biasa-biasa saja', tapi itu karena tinggi badannya.

Menotti benar-benar talent scouting yang brilian.

Maradona memainkan sebagian besar kariernya sebagai playmaker, Legenda hidup  Argentina itu adalah pemain pertama dalam sejarah sepak bola yang mencetak rekor transfer dunia  sebanyak dua kali, pertama ketika ia menuntaskan transfer ke Barcelona dengan rekor dunia saat itu senilai 5 juta pounds, dan kedua, ketika ia menuntaskan transfer ke Napoli dengan biaya rekor lainnya sebesar  6,9 juta pounds.

Maradona bermain di 4 edisi Piala Dunia FIFA, termasuk Piala Dunia 1986 di Meksiko, saat itu ia menjadi kapten Argentina dan membawa mereka meraih kemenangan atas Jerman Barat di final. Dia juga memenangkan Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen tahun itu.

Dan yang paling diingat tentu, saat perempat final Piala Dunia 1986, Maradona mencetak 2 gol dalam kemenangan 2-1 atas Inggris. Gol pertama dunia keenal sebagai "Hand of God", sedangkan gol keduanya ialah hasil  dribble 60 meter melewati 5 pemain Inggris, yang kemudian dipilih sebagai "Goal of the Century". Gaya permainannya menginspirasi banyak generasi pesepakbola di bawahnya.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network