Sir Alex Ferguson Ungkap Hanya Ada 4 Pemain Kelas Dunia Pernah Dia Tangani

"Dari empat nama itu, Cristiano Ronaldo bagaikan puncak hiasan di Pohon Natal. David Beckham tidak termasuk dalam 4 nama itu."

Feature | 26 December 2020, 12:17
Sir Alex Ferguson Ungkap Hanya Ada 4 Pemain Kelas Dunia Pernah Dia Tangani

Libero.id - Selama 27 tahun menangani Manchester United, Sir Alex Ferguson telah memenangkan segalanya dengan sejumlah rekor yang mentereng. Pria Skotlandia itu sukses memenangkan 38 trofi yang luar biasa bersama Setan Merah, termasuk 13 trofi Liga Premier dan dua gelar Liga Champions.

Kendati Ferguson adalah manajer yang luar biasa, tentu saja ia tidak akan bisa melakukannya tanpa beberapa pemain terbaik di dunia. Selama berada di Old Trafford, mantan pelatih Aberdeen itu telah banyak mengelola pemain luar biasa selama waktunya di sana. Namun, ia pernah mengungkapkan keyakinannya bahwa ia hanya melatih empat pemain kelas dunia.

"Dalam buku saya hanya ada dua pemain kelas dunia yang bermain hari ini: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo," tulis Ferguson dalam bukunya 'Leading' tahun 2015, menurut surat kabar asal Inggris, The Independent.

"Saya tidak bermaksud merendahkan atau mengkritik salah satu pemain hebat atau sangat bagus yang bermain untuk saya selama 26 tahun karir saya di United, tapi hanya ada empat yang berkelas dunia: Cantona, Giggs, Ronaldo dan Scholes. Dan dari keempat Cristiano itu seperti hiasan di atas pohon Natal."

Ferguson kemudian mengatakan dalam sebuah wawancara dengan BBC: "Mereka membuat perbedaan dan buktinya ada di sana. Ketika kami membawa dia (Cantona), kami memenangkan liga musim itu. Karena kehadirannya dan kemampuannya untuk membuat dan mencetak gol yang bisa (membawa kami) seperti itu."

Sementara untuk Ryan Giggs dan Paul Scholes yang merupakan jebolan asli akademi muda Setan Merah adalah pemain yang fantastis dan umur panjang keduanya adalah berkah untuk Ferguson.

"Apakah ada pemain yang telah bermain sepanjang Liga Premier dan tampil di level yang mereka miliki (Giggs dan Scholes)? Tidak ada, sama sekali tidak ada.”

"Tentu saja Ronaldo benar-benar seorang pemain yang jenius,” tambah Ferguson.

Adapun beberapa penggemar United menganggap pernyataan tersebut sangat kontroversial.

Roy Keane bisa dibilang kapten terhebat dalam sejarah Liga Premier dan pria irlandia itu telah membimbing klub menuju banyak kesuksesan. Di sisi lain, Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic keduanya sangat brilian dan membentuk salah satu kemitraan bek tengah terbaik dalam sejarah Liga Premier.

Wayne Rooney adalah salah satu pemain terhebat United, sementara David Beckham, Peter Schmeichel dan Patrice Evra semuanya bisa berargumen untuk disebut sebagai  pemain 'kelas dunia'.

Namun demikian, Ferguson bisa dibilang adalah manajer terhebat sepanjang masa sehingga hampir tidak mungkin untuk membantah pendapatnya.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network