Peringkat Kekayaan 20 Pemilik Klub Liga Premier

"Pemilik Arsenal ada di peringkat ketiga terkaya. Ada pula sosok superkaya dari Asia Tenggara."

Feature | 28 April 2021, 07:11
Peringkat Kekayaan 20 Pemilik Klub Liga Premier

Libero.id - Sepakbola bukanlah olahraga yang murah, sehingga tidak mengherankan jika terdapat beberapa orang terkaya di dunia telah menginvestasikan waktu dan uang dalam olahraga tersebut.

Memiliki klub sepakbola tidak mudah, karena datang banyak tanggung jawab yang hanya dapat ditangani oleh beberapa orang terpilih. Apalagi, di Premier League, yang merupakan liga sepakbola terbesar di dunia, pengawasannya harus sangat tinggi. Tidak mengherankan jika liga yang satu ini selalu mendapat sorotan dunia.

Beberapa tim terbesar di dunia bermain di Liga Premier, dan pemilik klub masing-masing menikmati hubungan campuran dengan penggemar mereka.

Pada catatan itu, berikut adalah pemilik terkaya di Liga Premier yang diperingkat dalam urutan peningkatan kekayaan bersih mereka.

20. Alan Pace (Burnley) - tidak dikonfirmasi

Pemilik terbaru Liga Premier, Alan Pace mengambil alih Burnley pada Desember 2020. The Clarets adalah pemboros yang hemat di pasar transfer, tapi kedatangan Pace bisa sangat mengubah musim panas ini.

19. Abdullah bin Musa'ad bin Abdulaziz Al Saud (Sheffield United) - 198 juta pounds (Rp 3,9 triliun)

Sheffield United akan bermain di Championship musim depan setelah tampil buruk di Premier League kali ini. Favorit penggemar Chris Wilder dipecat pada Maret 2021 dan panggilan pertama akan menggantikannya.

Mantan pelatih Bournemouth, Eddie Howe, dan Pelatih KV Oostende, Alexander Blessin, telah dikaitkan dengan peran tersebut.

18. Andrea Radrizzani (Leeds United) - 450 juta pounds (Rp 9 triliun)

Leeds United asuhan Marcelo Bielsa telah menjadi salah satu tim paling menghibur di Liga Premier musim ini dan telah didukung dengan baik oleh Andrea Radrizzani.

Klub tidak mengelak dari pengeluaran uang musim panas lalu, menandatangani orang-orang seperti Rodrigo Moreno, Diego Llorente, dan Robin Koch. Mereka saat ini berada di urutan ke-10 dalam tabel Liga Premier.

17. Tony Bloom (Brighton & Hove Albion) - 1,3 miliar pounds (Rp 26 triliun)

Klub yang dikelola dengan sangat baik, Brighton & Hove Albion, tidak beruntung berada di posisi mereka di tabel Liga Premier.

The Seagulls berada di urutan ke-16, tapi penampilan mereka mendapatkan posisi yang lebih tinggi. Mereka jelas memperhatikan identifikasi bakat. Bloom, seorang petaruh olahraga, juga memiliki tim divisi dua Belgia, Union SG.

16. David Sullivan dan David Gold (West Ham United) - 1,56 miliar pounds (Rp 31 triliun)

David Sullivan dan David Gold tidak selalu disayangi oleh para penggemar West Ham United, tapi The Hammers telah menjadi paket kejutan di Premier League musim 2020/2021.

Ada kritik yang ditujukan kepada Gold dan Sullivan dan penggemar West Ham sering kali vokal menentang mereka. Kedua pria itu sebelumnya memiliki Birmingham City.

15. Farhad Moshiri (Everton) - 1,9 miliar pounds (Rp 38 triliun)

Seorang pengusaha Inggris-Iran. Perusahaan Farhad Moshiri memiliki saham di Arsenal, namun dia menjualnya pada 2016 untuk mendanai kepindahan membeli Everton.

Kedatangannya telah melihat Everton menjadi pemboros besar di pasar transfer. Kedatangan Carlo Ancelotti pada 2019 merupakan indikasi dari proyek yang sedang dibangun Everton.

14. Lai Guochuan (West Bromwich Albion) - 2,2 miliar pounds (Rp 44 triliun)

Lai Guochuan membeli West Bromwich Albion pada 2016 dan di bawah kepemilikannya, The Baggies telah diturunkan ke Championship dan dipromosikan ke Liga Premier secara berurutan.

Saat ini, West Brom terlibat pertarungan degradasi di bawah manajemen Sam Allardyce.

13. John W Henry dan Tom Werner (Liverpool) - 2,6 miliar pounds (Rp 52 triliun)

Mantra John W Henry sebagai pemilik Liverpool, tidak berlebihan apabila dunia mengakuinya sebagai salah satu konglomerat terkaya di dunia. Klub ini memenangkan Liga Champions dan Liga Premier di bawah manajemen Juergen Klopp dan mendapatkan pujian atas strategi pasar transfer mereka.

Namun, keterlibatan Liverpool di Liga Super Eropa membuat heran. Henry juga memiliki tim bisbol Amerika, Boston Red Sox.

12. Mike Ashley (Newcastle United) - 2,6 miliar pounds (Rp 52 triliun)

Hubungan Mike Ashley dengan penggemar Newcastle United tidak ada sama sekali. Ada laporan dalam beberapa tahun terakhir bahwa Ashley akan menjual klub, dan penggemar Newcastle United akan sangat senang untuk awal yang baru.

11. Aiyawatt Srivaddhanaprabha (Leicester City) - 2,96 miliar pounds (Rp 59 triliun)

Leicester City telah menjadi tim sepuluh besar yang stabil di Liga Premier dan sebagian besar tergantung pada keluarga Srivaddhanaprabha.

Di bawah kepemilikan ayah Aiyawatt, Vichai Srivaddhanaprabha, The Foxes memenangkan gelar Liga Premier pada 2016, saat mereka menantang peluang menuju kemenangan bersejarah.

Sejak Vichai wafat, dalam beberapa tahun terakhir, Leicester City telah menjadi tim Liga Inggris yang bagus dengan tim rekrutmen yang kuat. Pemain mereka begitu diinginkan oleh beberapa klub terbesar di dunia.

10. Gao Jisheng (Southampton) - 3,1 miliar pounds (Rp 62 triliun)

Southampton memiliki pelatih yang menarik dalam sosok Ralph Hasenhuttl, tapi skuad mereka membutuhkan banyak pekerjaan jika mereka berniat meningkat di musim-musim mendatang.

Akademi The Saints, yang telah menghasilkan pemain seperti Gareth Bale dan Luke Shaw, telah mengering dalam beberapa tahun terakhir. Southampton perlu berinvestasi di musim panas untuk memastikan mereka bisa bersaing di musim 2021/2022.

9. Joshua Harris (Crystal Palace) - 3,42 miliar pounds (Rp 68 triliun)

Crystal Palace telah melakukannya dengan cukup baik di bawah manajemen Roy Hodgson, tapi ada dugaan bahwa pelatih berusia 73 tahun itu bisa hengkang pada musim panas ini.

Untuk waktu yang lama, aset paling berharga mereka adalah Wilfried Zaha, tapi penandatanganan gelandang berbakat Eberechi Eze dapat mengubahnya. The Eagles perlu menyegarkan skuad mereka, dan kedatangan Eze serta penyerang Jean-Philippe Mateta adalah langkah yang tepat.

8. The Glazers (Manchester United) - 3,8 miliar pounds (Rp 76 triliun)

Keluarga Glazer dan penggemar Manchester United menikmati hubungan yang dingin. Buntut dari kegagalan yang terjadi di Liga Super Eropa telah membuat para penggemar Manchester United memancing reaksi pemilik klub.

Penggemar Manchester United ingin keluarga Glazers menjual klub dan telah vokal dalam protes mereka dalam beberapa hari terakhir.

7. Daniel Levy dan Joe Lewis (Tottenham Hotspur) - 3,98 miliar pounds (Rp 80 triliun)

Daniel Levy terkenal karena operasinya yang cerdas. Ketua Tottenham Hotspur telah memegang jabatannya sejak 2001 dan memiliki reputasi beragam di London Utara.

Tottenham Hotspur menikmati permainan yang bagus di bawah pelatih Mauricio Pochettino, tapi Lilywhites baru-baru ini memecat Jose Mourinho setelah penampilan buruknya. Mantan gelandang Ryan Mason saat ini menjadi manajer sementara klub.

6. Guo Guangchang (Wolverhampton Wanderers) - 4,41 miliar pounds (Rp 88 triliun)

Wolverhampton Wanderers tampil mengesankan sejak promosi mereka ke Liga Premier. Musim ini mereka kesulitan karena cedera dan performa buruk.

Pelatih Nuno Espirito Santo telah didukung di bursa transfer, tapi skuad kecil membuat cedera pada pemain kunci telah menyebabkan masalah dalam beberapa bulan terakhir. Wolves perlu meningkatkan skuad mereka di musim panas untuk maju lebih jauh di bawah pelatih asal Portugal.

5. Nassef Sawiris (Aston Villa) -  5,39 miliar pounds (Rp 108 triliun)

Aston Villa adalah pemboros besar musim panas lalu, merekrut orang-orang seperti Ollie Watkins, Emiliano Martinez, dan Matty Cash. Sisi Dean Smith juga berhasil mengikat kapten Jack Grealish ke kontrak jangka panjang yang baru.

The Villans menikmati awal yang baik musim ini, walau mengalami kemunduran dalam beberapa bulan terakhir. Absennya Grealish karena cedera telah memainkan peran utama dalam perjuangan mereka. Tapi, The Villans telah menikmati musim yang sukses sejauh ini setelah menghindari degradasi musim lalu.

4. Shahid Khan (Fulham) - 5.93 miliar pounds (Rp 119 triliun)

Fulham butuh keajaiban untuk bertahan di Premier League musim depan, meski membuahkan sejumlah penampilan bagus di bawah manajemen Scott Parker.

Shahid Khan juga memiliki Jacksonville Jaguars dari National Football League dan merupakan salah satu pemilik All Elite Wrestling. Putranya, Tony Khan, hadir secara aktif di media sosial dan telah memainkan peran kunci dalam bisnis transfer Fulham.

3. Stan Kroenke (Arsenal) - 6,31 miliar pounds (Rp 127 triliun)

Seperti keluarga Glazers bersama Manchester United, Stan Kroenke dan fans Arsenal tidak menikmati hubungan yang baik.

Ada panggilan dari fans Arsenal untuk menjual klub, dengan kurangnya komunikasi Kroenke yang sering dikritik oleh beberapa tokoh terkenal. Namun, Kroenke dianggap memiliki banyak tim olahraga di berbagai liga.

2. Roman Abramovich (Chelsea) - 9,65 miliar pounds (Rp 194 triliun)

Penggemar Chelsea tidak memiliki banyak keluhan tentang Roman Abramovich, yang telah melakukan pekerjaan dengan baik sejak mengambil alih Chelsea pada 2003.

Ada aliran piala yang konstan, bahkan jika ada kritik yang ditujukan pada bagaimana klub memecat manajer. Penggemar Chelsea tidak akan mengeluh; 16 trofi sejak 2003 adalah pengembalian yang solid bagi klub yang tidak terbiasa memenangkan trofi sebelum kedatangannya.

1. Sheikh Mansour (Manchester City) - 15,19 miliar pounds (Rp 305 triliun)

Sheikh Mansour menjadi pemilik Manchester City pada 2008 dan klub tidak pernah melihat ke belakang sejak itu. Mereka telah menjadi salah satu klub terbesar di dunia dan secara konsisten berhasil merekrut pemain terbaik. Mereka juga mengembangkan kebiasaan memenangkan trofi.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network