Wawancara AS dengan Florentino Perez: Klub Menuju Bangkrut

"Perez juga menjawab pertanyaan besar, kalau Madrid memang mau bangkrut kenapa merenovasi stadion dengan dana triliunan."

Feature | 28 April 2021, 12:50
Wawancara AS dengan Florentino Perez: Klub Menuju Bangkrut

Libero.id - Florentino Pérez telah menjadi presiden Real Madrid selama hampir 20 tahun. Dia menyelamatkan klub dari masalah ekonomi yang serius ketika dia mengambil alih Madrid pada tahun 2000 dan membawa menjadi klub raksasa yang disegani seperti sekarang ini dengan proyek 'Gálacticos' nya.

Sekarang, Florentino sedang mencari rencana baru yang menurutnya akan membawa sepak bola keluar dari krisis, yang diperburuk oleh pandemi. Dan dia siap untuk mempertahankan idenya dengan keras kepala.

Berikut ini petikan wawancara ekslusif dengan Florentino Pérez (FP) yang dilakukan oleh AS.

AS : Anda telah mengatakan bahwa proyek Liga Super tidak mati, itu sedang berlangsung. Bagaimana situasi saat ini? Dan apa langkah selanjutnya?

FP : Pihak terkait itu ada dan anggota yang membentuk Liga Super juga ada di sana. Apa yang telah kami lakukan adalah memberi diri kami waktu beberapa minggu untuk merenungkan permusuhan yang dilakukan oleh orang-orang tertentu yang tidak ingin kehilangan hak istimewanya yang telah memanipulasi proyek tersebut.

As : Kritik utama dari Liga Super adalah bahwa hal itu merugikan liga domestik. Apa yang ingin Anda katakan tentang itu?

FP : Tidak ada argumen yang benar, sebaliknya, semuanya telah dimanipulasi. Ini bukan rencana yang mengecualikan klub, juga tidak merugikan liga lain. Proyek Liga Super adalah solusi terbaik, dan telah dibuat untuk membantu sepak bola keluar dari krisis. Sepak bola rusak parah karena ekonominya hancur dan harus beradaptasi dengan era baru yang kita jalani.

Liga Super tidak bertentangan dengan kompetisi domestik dan tujuannya adalah untuk memastikan bahwa lebih banyak uang tersedia untuk semua bagian sepak bola. Ada empat miliar penggemar sepak bola di seluruh dunia dan setengahnya adalah penggemar klub-klub di Liga Super. Sepak bola adalah satu-satunya olahraga global.

AS : Apakah keadaan ekonomi begitu buruk bagi Anda untuk mengatakan bahwa situasinya sangat serius, dan sepak bola sedang sekarat?

FP: Mari kita lihat datanya: laporan terbaru oleh KPMG - dalam tiga bulan pertama pandemi musim lalu saja, 12 klub di Liga Super melaporkan kerugian 650 juta euro. Pada akhir musim ini, dengan pandemi masih berlangsung, kerugian akan berkisar antara 2.000 dan 2.500 juta euro. Entah kami melakukan sesuatu segera atau lebih banyak klub akan bangkrut.

AS : Proyek Anda mengusulkan solusi sederhana yang akan meningkatkan pendapatan - membuat laga lebih kompetitif dan lebih menarik. Bagaimana itu bisa dilakukan tanpa klub-klub kecil merasa kesal?

FP : Kenyataannya, pertandingan sepak bola yang lebih menarik, menghibur dan kompetitif akan menghasilkan lebih banyak uang. Kami telah mengerjakan proyek ini selama tiga tahun dan kami telah mempelajarinya secara mendetail. Proyek ini dirancang untuk mengembalikan minat para penggemar, dan itu akan menghasilkan lebih banyak uang untuk semua orang: klub besar, klub menengah, dan klub kecil.

AS : Menurut Anda, mengapa Bayern Munich dan PSG tidak bergabung dengan Liga Super?

FP : Untuk alasan yang berbeda. Dalam kasus Bayern, mereka sedang dalam proses mengubah manajemen mereka dan dalam kasus PSG, karena kami akan memberi tahu mereka nanti. Karena 12 klub telah dibentuk dan bekerja selama beberapa tahun. Tapi keduanya akan diundang.

AS : Jika informasi ini benar, 12 klub Liga Super tidak hanya menandatangani kontrak yang mengikat, mereka tidak dapat meninggalkan proyek hingga 2025 tanpa membayar denda ratusan juta euro. Apakah itu benar?

FP : Saya tidak akan menggunakan waktu saya untuk menjelaskan tentang kontrak yang mengikat di sini. Tapi faktanya, klub tidak bisa pergi. Beberapa, karena tekanan, harus mengatakan mereka akan pergi. Tetapi proyek ini, atau sesuatu yang sangat mirip, akan terjadi, dan saya harap itu dalam waktu dekat.

Florentino Pérez, tentang kemungkinan sanksi untuk klub

AS : -Apa yang menurut Anda lebih mengkhawatirkan: 12 klub pendiri Liga Super diperkirakan akan mengalami kerugian akibat pandemi sekitar dua miliar euro atau separuh dari semua anak muda berusia antara 14 dan 24 tahun kehilangan minat pada sepak bola?

FP : Keduanya sama-sama mengkhawatirkan. Karena itulah kita perlu mencari solusi. Itulah mengapa kami datang dengan Liga Super.

AS : Anda berpendapat bahwa kelangsungan ekonomi sepak bola bergantung pada Liga Super, sebuah turnamen yang mempromosikan daya saing. Tapi Madrid sedang melakukan renovasi besar-besaran atas stadionnya, Atlético memiliki tempat baru… Bagaimana Anda bisa menjelaskan hal ini kepada para penggemar? Bukankah itu kontradiktif?

FP : Kedua proyek tersebut dimulai sebelum pandemi, yang tidak diharapkan siapa pun. Tapi, terlebih lagi, Atlético mencapai kesepakatan besar dengan Balai Kota Madrid. Dan Real Madrid telah mendanai renovasi Santiago Bernabéu selama 30 tahun dengan persyaratan yang luar biasa. Delegasi klub menyetujuinya karena renovasi akan menghasilkan pendapatan tahunan antara 150 dan 200 juta euro. Artinya akan sangat menguntungkan.

Itulah sebagoin dari wawancara AS dengan Florentino Pérez, secara garis besar, dia tetap bersikeras dengan isi kepalanya. Yang menurutnya paling adiluhung untuk sepak bola ke depan.

Apa pendapat Anda?

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network