Unik! Nama Lokal 29 Pemain Naturalisasi Vietnam: Nguyen, Doan, Le, Dinh, Van...

"Oladoja Suleiman Abdullahi asal Nigeria jadi Nguyen Trung Dai Duong. Sakda Joemdee menjadi Doan Van Sakda."

Feature | 03 May 2021, 02:45
Unik! Nama Lokal 29 Pemain Naturalisasi Vietnam: Nguyen, Doan, Le, Dinh, Van...

Libero.id - Sebelum menemukan pemain-pemain lokal muda berkualitas, Vietnam juga sempat melakukan naturalisasi pada 29 pemain asing yang bermain di V-League. Uniknya, semuanya punya nama lokal yang khas seperti Nguyen, Doan, Le, Dinh, atau Van.

Naturalisasi di sepakbola Vietnam sebenarnya sama dengan Indonesia. Pemberian paspor kepada para pemain asing kebanyakan tidak didasarkan pada kepentingan tim nasional, melainkan untuk mengisi kuota klub. Akibatnya, pemain-pemain itu dinaturalisasi ketika berusia tua dan tidak banyak membantu negara.

Seperti Indonesia pula, Vietnam kemudian mengubah strategi "naturalisasi" tersebut. Mereka juga mencari pemain-pemain keturunan Vietnam yang bermain sepakbola di luar negeri, khususnya Eropa dan Amerika. Contohnya Lee Nguyen (Amerika Serikat) dan Dang Van Lam (Rusia).

Tapi, yang unik dan berbeda dari naturalisasi ala Vietnam adalah kewajiban menggunakan nama lokal bagi para pemain asing tersebut. Nama-nama seperti Nguyen, Doan, Le, Dinh, Van menjadi sangat umum digunakan 29 pemain naturalisasi tersebut.

Berikut ini adalah 29 pemain asing yang pernah diberi paspor Vietnam dengan nama lokalnya yang unik:


1. Phan Van Santos (Fabio dos Santos)

Negara asal: Brasil

Tanggal: 27 Desember 2007

Kiper asal Brasil yang membela Hung Vuong An Giang saat dinaturalisasi pada 2007 adalah pemain asing pertama yang bergabung dengan timnas. Dia sempat membela Vietnam melawan Brasil U-23 dengan Ronaldinho di dalamnya jelang Olimpiade Beijing 2008.

Sekarang, Fabio dos Santos sudah pensiun dan menetap di Ho Chi Minh City. Dia sempat menjadi pelatih kiper di salah satu klub Vietnam. Tapi, kecelakaan lalu lintas membuat dirinya berhenti dan beralih profesi dengan membuka restoran masakan Brasil di Ho Chi Minh City.


2. Doan Van Nirut (Nirut Surasiang)

Negara asal: Thailand

Tanggal: 14 Januari 2009

Nirut Surasiang adalah mantan pemain timnas Thailand yang memiliki 62 caps dan 5 gol. Meski lahir dan besar di Negeri Gajah Putih, dia memiliki paspor Vietnam setelah bermain di V-League untuk Binh Dinh, Hoang Anh Gia Lai, hingga Navibank Sai Gon. Paspor itu digunakan untuk kepentingan kuota pemain asing di klub.


3. Doan Van Sakda (Sakda Joemdee)

Negara asal: Thailand

Tanggal: 14 Januari 2009

Bersamaan dengan Nirut, Sakda Joemdee juga mendapatkan paspor Vietnam. Meski membela Thailand di banyak ajang regional maupun internasional, mantan gelandang bertahan itu punya paspor Vietnam dengan alasan yang sama seperti Nirut.


4. Dinh Hoang Max (Eyerapo Maxwell)

Negara asal: Nigeria

Tanggal: 22 Januari 2009

Punya 3 caps untuk Vietnam pada 2009, Eyerapo Maxwell terakhir kali diketahui bermain untuk Becamex Binh Duong pada 2019. Pria Nigeria itu cukup lama di Vietnam karena sudah membela Ha Noi ACB sejak 2004 atau ketika masih junior.


5. Dinh Hoang La (Lytovka Mykola)

Negara asal: Ukraina

Tanggal: 22 Januari 2009

Lytovka Mykola datang dari Ukraina untuk bermain di Vietnam dan dinaturalisasi pada 2009 ketika membela Vissai Ninh Binh. Sayang, klub yang berdiri pada 2007 itu bubar pada 2015 setelah terlibat dalam skandal pengaturan skor 2014. Mykola memang tidak terlibat karena sudah pindah klub dan  kembali ke Ukraina tanpa pernah membela Vietnam.


6. Huynh Kesley Alves (Kesley Alves)

Negara asal: Brasil

Tanggal: 6 Februari 2009

Kesley Alves adalah mantan striker dan kapten Ho Chi Minh City FC. Dia pertama kali bergabung dengan Binh Duong dari Matsubara pada 2005 dan menjadi terkenal karena penghargaan pencetak gol terbanyak V-League 1 2005 dengan 21 gol. Dia memperoleh kewarganegaraan Vietnam pada 2009 dan memiliki 1 caps di timnas.


7. Nguyen Rogerio (Rogerio Machado Pereira)

Negara asal: Brasil

Tanggal: 27 Mei 2009

Rogerio Machado Pereira punya papor Vietnam saat membela SHB Da Nang pada 2009. Saat itu, Da Nang meraih gelar ganda juara V-League dan Piala Vietnam. Kemudian, dia membela Xuan Thanh Sai Gon dan Thanh Hoa. Rogerio pensiun pada 2014 tanpa pernah membela Vietnam.


8. Tran Le Martin (Katsigazi Ronald Martin)

Negara asal: Uganda

Tanggal: 9 Juni 2009

Katsigazi Ronald Martin datang ke Vietnam bersama temannya sesama pemain Uganda, Mylyanga Isaac Kamu. Keduanya mendapatkan paspor Vietnam saat bermain untuk Ha Noi FC. Tapi, mereka jugan sama-sama belum pernah membela timnas hingga pergi meninggalkan negara itu.


9. Phan Le Isaac (Mylyanga Isaac Kamu)

Negara asal: Uganda

Tanggal: 9 Juni 2009

Mylyanga Isaac Kamu dana rekan Katsigazi Ronald Martin. Kisah keduanya di Vietnam sama persis.


10. Le Tostao (Fungai Tostao Kwashi)

Negara asal: Zimbabwe

Tanggal: 24 Maret 2010

Presiden Vietnam, Nguyen Minh Triet, secara resmi setuju untuk memberikan kewarganegaraan kepada Fungai Kwashi Tostao pada 2010 setelah bermain di V-League untuk Long An, Hai Phong, Long An, Lam Son Thanh Hoa, dan kemudian Xuan Thanh Sai Gon .

Dia tidak bisa membela Vietnam di ajang internasional karena sudah pernah membela Zimbabwe. Jadi, salah satu alasan logis Tostao diberi paspor Vietnam adalah "demi kepentingan klub".


11. Nguyen Hoang Helio (Helio da Silva Assis)

Negara asal: Brasil

Tanggal: 24 Maret 2010

Helio da Silva Assis punya paspor Vietnam pada 24 Maret 2010 saat membela Song Lam Nghe An. Tapi, dia tidak pernah memiliki caps untuk The Goldens Stars sebelum menghilang tanpa jejak.


12. Hoang Vissai (Dio Preye)

Negara asal: Nigeria

Tanggal: 2 April 2010

Dio Preye memperoleh kewarganegaraan Vietnam pada 2010. Dia bermain sebagai bek tengah untuk Vissai Ninh Binh, yang menjuarai V-League 2013. Karena itulah nanya berubah menjadi Hoang Vissai mengikuti nama klubnya dan masih aktif bermain hingga musim lalu bersama Quang Nam.


13. Nguyen Trung Son (Marcos Jeferson Farias Valentim)

Negara asal: Brasil

Tanggal: 5 Juli 2010

Marcos Jeferson Farias Valentim mengganti paspor Brasil dengan Vietnam pada 2010 saat membela Quang Nam. Tapi, kariernya tidak panjang dan belum sempat membela Vietnam di pertandingan internasional.


14. Le Van Tan (Jonathan Quartey)

Negara asal: Ghana

Tanggal: 11 Mei 2011

Jalan Jonathan Quartey untuk mendapatkan paspor Vietnam dimulai saat membela Khanh Hoa dan Ha Noi ACB. Meski punya 1 caps untuk Ghana, hal itu dilakukan demi kepentingan klub. Apalagi, setelah itu dia membela Khanh Hoa, Hai Phong, FLC Thanh Hoa, Long An, Sai Gon, dan Tay Ninh. Klub terakhirnya adalah Air Force United di Thailand.


15. Doan Marcelo (Marcelo Barbieri)

Negara asal: Brasil

Tanggal: 11 Mei 2011

Ada lima pemain yang bersama-sama mendapatkan parpor Vietnam secara massal pada 11 Mei 2011. Salah satunya Marcelo Barbieri, yang saat itu membela Hoang Anh Gia Lai. Tapi, dia tidak pernah terpilih masuk timnas setelah mendapatkan paspor bintang emas.


16. Dang Amaobi (Amaobi Uzowuru Honest)

Negara asal: Nigeria

Tanggal: 11 May 2011

Amaobi Uzowuru Honest membela Binh Dinh saat berganti kewarganegaraan Vietnam. Tapi, Amaobi tidak pernah mendapatkan kesempatan memiliki caps Vietnam di laga internasional.


17. Nguyen Rodgers (Rodgers Omunsulah Nandwa)

Negara asal: Uganda

Tanggal: 11 Mei 2011

Rodgers Omunsulah Nandwa lahir 3 Oktober 1981 di Kenya. Tumbuh di sebuah kawasan pertanian di Kenya, dia bermain sepakbola jalanan dengan teman-temannya sebagai kegiatan rekreasi.

Selanjutnya, dia memerah susu ternak untuk mencari nafkah dan kadang-kadang diberi kurang dari 300 dolar sebulan. Seorang agan pemain kemudian mengamati kekuatan fisiknya dalam pertandingan lokal dan menawarinya kesempatan untuk bermain di luar negeri, di Vietnam. Segera, dia menerima tawaran itu.

Rodgers menjadi orang Vietnam pada 2011 lewat program naturalisasi. Saat itu, dia membela FLC Thanh Hoa. Kemudian, pindah ke Dong Nai, XSKT Can Tho, dan pensiun di Becamex Binh Duong pada 2017. Dia tidak pernah membela Vietnam.


18. Le Hoang Phat Thierry (Ngale Jiemon Thierry)

Negara asal: Kamerun

Tanggal: 11 Mei 2011

Ngale Jiemon Thierry berganti paspor Kamerun ke Vietnam saat membela Song Lam Nghe An pada 2011. Itu murni demi kuota pemain asing klub karena Thierry tidak pernah dipanggil ke timnas.


19. Le Van Phu (Ansah Issifu)

Negara asal: Ghana

Tanggal: 10 Januari 2012

Ansah Issifu baru saja dilepas Nam Dinh pada akhir musim 2020 dan sekarang masih tanpa klub. Sebelumnya, dia bermain untuk Khatoco Khanh Hoa dan Hai Phong. Meski punya paspor Vietnam, dia tidak pernah membela timnas.


20. Dinh Van Ta (Rodrigo Mota Farias)

Negara asal: Brasil

Tanggal: 22 Desember 2012

Rodrigo Mota Farias hanya dikenal saat bermain membela Ninh Binh dan dinaturalisasi pada 2012. Selanjutnya, tidak ada yang tahu kabarnya karena tidak pernah bermain untuk timnas negara barunya.


21. Nguyen Hang Tcheuko Minh (Tcheuko Elmakoua Benoit)

Negara asal: Kongo Brazzaville

Tanggal: 23 April 2013

Tcheuko Elmakoua Benoit datang dari Kongo Brazzaville untuk bermain di Vietnam. Dia mendapatkan paspor Vietnam pada 2013 saat membela Kien Giang.


22. Nguyen Quoc Thien Esele (Theophilus Esele)

Negara asal: Nigeria

Tanggal: 13 Mei 2013

Theophilus Esele musim lalu tercatat sebagai kiper Becamex Binh Duong. Dia melepaskan paspor Nigeria dan mengubahnya ke Vietnam pada 2013. Tapi, dia sama sekali belum pernah dipercaya bermain untuk negara barunya.


23. Hoang Vu Samson (Samson Kayode Olaleye)

Negara asal: Nigeria

Tanggal: 24 September 2013

Samson Kayode Olaleye adalah pemegang rekor gol di V-League 1 dengan 201 gol bersama Dong Thap, Ha Noi, Quang Nam, dan Thanh Hoa. Dia mengalahkan pemain naturalisasi lainnya, Sebastian Gaston Do Merlo dengan 157 gol dan penyerang legendaris Vietnam, Le Cong Vinh dengan 116 gol.

Bersama Ha Noi, Samson menjuarai V.League 1 (2013, 2016, 2018) dan Piala Super Vietnam (2018). Sempat dikontrak Atletico Madrid dan SC Braga, Samson sekarang membela Thanh Hoa. Dia juga belum pernah membela Vietnam di pertandingan internasional.


24. Nguyen Trung Dai Duong (Oladoja Suleiman Abdullahi)

Negara asal: Nigeria

Tanggal: 5 Januari 2014

Suleiman Oladoja Abdullahi datang ke Vietnam pada 2008 dan menerima kewarganegaraan pada 2014. Musim ini, dia membela Hoang Anh Gia Lai. Sebelumnya, Abdullahi bermain untuk Quan Khu, Vissai Ninh Binh, Navibank Sai Gon, An Giang, XSKT Da Lat Lam Dong, Xuan Thanh Sai Gon, Kien Giang, Becamex Binh Duong, Quang Nam, dan Sanna Khanh Hoa BVN.


25. Do Merlo (Sebastian Gaston Merlo)

Negara asal: Argentina

Tanggal: 20 Juni 2017

Merlo adalah salah satu pencetak gol terbaik di V-League 1. Dia memenangkan penghargaan pencetak gol terbanyak liga empat kali dengan tiga diantaranya berturut-turut pada 2009, 2010, 2011, lalu pada 2016. Dia juga memenangkan penghargaan pemain asing terbaik liga pada 2009 dan 2011.

Setelah mengambil satu tahun untuk pulih dari cedera kaki di negara asalnya Argentina, Merlo bergabung kembali dengan SHB Da Nang pada Februari 2016. Lalu, pada 20 Juni 2017, dia diberi kewarganegaraan Vietnam dan mendapat nama baru, Do Merlo.

Bersama Da Nang, Merlo menyumbang dua gelar V-League 1, satu Piala Super Vietnam, dan satu Piala Vietnam. Dia juga membantu Da Nang mencapai perempat final Piala AFC 2010.


26. Tran Trung Hieu (Geoffrey Kizito)

Negara asal: Uganda

Tanggal: 20 Juni 2017

Lahir di di Uganda, Geoffrey Kizito bermain di Vietnam bersama Xuan Thanh Sai Gon pada 2012 dan 2013. Tapi, pada 2014 dia pergi ke Kenya membela Gor Mahia. Hanya setahun, Kizito kembali ke Vietnam untuk Than Quang Ninh, Saigon, dan sekarang di Than Quang Ninh.

Meski punya caps untuk Uganda, Kizito tetap dinaturalisasi Vietnam sehingga punya dua kewarganegaraan. Paspor Vietnam didapat pada 2017 dan dia harus mengubah nama menjadi Tran Trung Hieu.


27. Le Minh Tshamala (Tshamala Kabanga)

Negara asal: RD Kongo

Tanggal: 25 Januari 2010

Tshamala Kabanga datang ke Vietnam untuk membela Long An. Tapi, dia sempat dipinjamkan ke Quang Nam. Kabanga Membantu Long An mencapai tempat kedua di V-League 1 2008 dengan hattrick di babak terakhir.

Dipasang sebagai gelandang serang oleh pelatih, Kabanga mencatat dua gol di final Piala Super Vietnam 2006 dan gol menit 87 dalam kekalahan 1-4 dari Seongnam di Liga Champions Asia 2007. Tapi, karier enam tahun di Long An berakhir ketika Simon McMenemy diangkat sebagai pelatih pada 2011.

Punya paspor Vietnam sejak 2010, Kabanga tidak pernah mendapatkan panggilan membela The Golden Stars.


28. Nguyen Trung Dai Loc (Thiago Papel)

Negara asal: Brasil

Tanggal: 1 Desember 2018

Thiago Papel datang ke Vietnam pada 2017 untuk membela Quang Nam. Setahun kemudian, dia dinaturalisasi. Pada 2020, Thiago pindah ke Nam Dinh dan pada 2021 ada di Saigon.


29. Nguyen van Bakel (Danny van Bakel)

Negara asal: Belanda

Tanggal: 22 Januari 2016 

Danny van Bakel menikah dengan DJ Myno yang bernama asli Nguyen Thi Ngoc My. Pada 18 September 2014, mereka memiliki seorang bayi laki-laki dan diberi nama David van Bakel. Pada Oktober 2015, Van Bakel mengungkapkan keinginannya untuk memperoleh kewarganegaraan Vietnam agar bisa bermain di timnas. Lalu, pada 22 Januari 2016, dia diberikan kewarganegaraan Vietnam dan mengadopsi nama Nguyen van Bakel. 

Saat ini Van Bakel sudah pensiun dan kembali ke Belanda untuk menetap bersama keluargannya. Klub terakhirnya adalah Thanh Hoa dan dirinya sama sekali belum pernah membela The Golden Stars di pertandingan internasional.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network