Di Mana Sekarang? 20 Anggota Skuad Wigan Championship di Liga Eropa 2013/2014

"Main di kasta kedua. Tapi, tampil di kompetisi Benua Biru. Benar-benar keajaiban sepakbola."

Feature | 07 June 2021, 16:30
Di Mana Sekarang? 20 Anggota Skuad Wigan Championship di Liga Eropa 2013/2014

Libero.id - Pada 2012/2013, Wigan Athletic mengejutkan semua orang dengan memenangkan Piala FA setelah mengalahkan Manchester City 1-0 di final berkat gol Ben Watson. Musim selanjutnya, The Latics mewakili Inggris di Liga Eropa sebagai klub Championship Division.

Piala FA 2012/2013 adalah trofi besar pertama Wigan dan akan dikenang selamanya karena kota tempat asal mereka dikenal lebih menyukai rugby daripada sepakbola. Apalagi, Liga Eropa musim selanjutnya merupakan ajang Benua Biru pertama dalam sejarah.

Sayangnya 3 hari setelah kemenangan di Wembley, Wigan terdegradasi dari Liga Premier ke Championship. The Latics menjadi tim pertama yang memenangkan Piala FA dan diturunkan ke kasta kedua. Itu juga merupakan fenomena langka di musim 2013/2014, saat tim lapis kedua ambil bagian di ajang Benua Biru.

Sebagai tim Championship yang tampil di Liga Eropa, hasil akhir Wigan sudah bisa diprediksi sebelumnya. Mereka berada di urutan terbawah grup dengan 5 poin. The Latics ada di belakang Rubin Kazan (Rusia), NK Maribor (Slovenia), dan Zulte Waregem (Belgia). Mereka hanya memenangkan satu pertandingan melawan Maribor.

Lalu, bagaimana kabar 20 pemain yang merumput untuk Wigan selama 6 pertandingan Liga Eropa 2013/2014? Berikut ini penjelasannya:


1. Scott Carson (Manchester City, pinjaman dari Derby County)

Scott Carson datang dari klub Liga Turki, Bursaspor, pada musim panas setelah Wigan terdegradasi. Dia bermain dalam 4 dari 6 pertandingan penyisihan grup di Liga Eropa.

Pemain Inggris itu menghabiskan 2 tahun dengan klub sebelum pindah ke Derby County pada 2015. Hingga sekarang dia masih ada dalam daftar pemain di Derby. Tapi, Carson telah dipinjamkan ke Manchester City sejak musim 2019/2020, meski belum pernah tampil.


2. Lee Nicholls (MK Dons)

Lee Nicholls adalah lulusan Akademi Wigan. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya dengan status pinjaman. Tapi, menjadi bagian dari skuad Liga Europa pada 2013/2014 dengan membuat dua penampilan. Peminjaman lainnya menyusul sebelum Nicholls meninggalkan Wigan ke MK Dons pada 2016. Di sana dia menjadi penjaga gawang pilihan pertama klub hingga musim ini.


3. Ryan Shotton (Melbourne Victory)

Setelah menikmati penampilan yang konsisten untuk Stoke City di Liga Premier, Ryan Shotton dikirim dengan status pinjaman ke Wigan untuk paruh pertama musim 2013/2014. Tak lama setelah kembali ke Stoke, dia dijual ke Derby County. Tapi, berjuang untuk mempertahankan tempat permanen.

Masa pinjaman ke Birmingham City berubah menjadi kepindahan permanen sebelum Shotton pergi ke Middlesbrough pada 2017. Di sana, dia bertahan hingga Desember 2020 sebelum bergabung dengan Melbourne Victory di Australia.


4. James Perch (Mansfield Town)

Seperti Carson, James Perch juga bergabung dengan Wigan pada musim panas 2013 dari Newcastle United dan menghabiskan 2 tahun bersama The Latics. Pada 2015, bek kanan itu dijual ke Queen's Park Rangers. Tapi, hanya tampil 79 kali dalam 3 tahun.

Selanjutnya, Perch bergabung dengan Scunthorpe United. Di sana, dia didorong ke lini tengah. Dia menghabiskan 2 musim di Glanford Park sebelum bergabung dengan Mansfield Town pada musim panas 2020.


5. Thomas Rogne (Lech Poznan)

Thomas Rogne bergabung dengan Wigan dari Glasgow Celtic pada 2013 dan menghabiskan kurang dari 2 musim bersama The Latics dengan membuat 17 penampilan dengan 3 diantaranya terjadi di Liga Eropa. Dia pergi ke IFK Goteborg pada Maret 2015 dan bertahan hingga 2018. Saat ini, dia membela Lech Poznan di Polandia dan ditunjuk sebagai kapten.


6. Jean Beausejour (Coquimbo Unido)

Jean Beausejour ikut memenangkan Piala FA dan terdegradasi. Pemain asal Chile itu hanya menghabiskan dua musim dengan klub setelah bergabung dari Birmingham City pada 2012. Dia membuat 3 penampilan di Liga Eropa. Beausejour meninggalkan Wigan pada akhir musim untuk kembali ke negara asalnya membela Colo Colo.

Setelah 2 tahun di Colo Colo, Beausejour bergabung dengan Universidad de Chile sebelum pindah ke klubnya saat ini, Coquimbo Unido.


7. Stephen Crainey (sudah pensiun)

Stephen Crainey hanya menghabiskan satu musim dengan Wigan setelah bergabung dari Blackpool pada musim panas 2013 dan pergi ke Fleetwood pada tahun berikutnya. Dalam satu-satunya musim bersama The Latics, Crainey membuat 30 penampilan, termasuk 4 di Liga Eropa. Crainey pensiun pada 2016 setelah setahun bersama Fylde.


8. Emmerson Boyce (sudah pensiun)

Emmerson Boyce menghabiskan sebagian besar karier seniornya di Wigan setelah bergabung dari Crystal Palace pada 2006. Dia merasakan pasang surut bersama Wigan termasuk kemenangan Piala FA dan lima penampilan Liga Eropa, dengan total 298 pertandingan.

Setelah sembilan tahun bersama The Latics, Boyce bergabung dengan Blackpool pada 2015 sebelum pensiun setahun kemudian.


9. Leon Barnett (sudah pensiun)

Leon Barnett datang lagi pada musim panas 2013 dari Norwich City. Bek tengah langsung dimasukkan ke tim utama, membuat 53 penampilan di musim 2013/2014, termasuk 5 di Liga Europa. Barnett menghabiskan 3 tahun bersama Wigan sebelum bergabung dengan Bury pada 2016. Lalu, bergabung dengan Northampton Town sebelum pensiun pada 2018.


10. James McArthur (Crystal Palace)

James McArthur menghabiskan 4 tahun di Wigan setelah bergabung dari Hamilton Academical pada 2010 dan merupakan bagian dari tim yang memenangkan Piala FA. Tapi, McArthur akan meninggalkan Wigan setelah 1 tahun di Championship. Dia kembali ke Liga Premier bersama Crystal Palace dan bertahan hingga hari ini


11. James McClean (Stoke City)

Bergabung dengan Wigan dari Sunderland pada musim panas 2013, James McClean menghabiskan 2 tahun bersama klub dan memainkan semua, kecuali satu, pertandingan Liga Eropa dalam kampanye debutnya. Tapi, setelah 86 penampilan, McClean meninggalkan Wigan ke West Bromwich Albion pada 2015 sebelum melakukan perjalanan ke Stoke City hingga hari ini.


12. Nick Powell (Stoke City)

Pada musim 2013/2014, Nick Powell menjalani masa pinjaman pertamanya di luar Manchester United ke Wigan. Gelandang itu adalah pencetak gol terbanyak Wigan di Liga Eropa. Tapi, setelah kembali ke MU, Powell menghabiskan masa pinjaman di Leicester City dan Hull City sebelum bergabung dengan Wigan secara permanen pada 2016. Powell kemudian bersatu kembali dengan McClean di Stoke pada musim panas 2020.


13. Roger Espinoza (Sporting Kansas City)

Roger Espinoza bergabung dengan Wigan dari Sporting Kansas City tepat sebelum kemenangan Piala FA. Setelah 2 tahun bersama Latics, Espinoza kembali ke Kansas dan terus bermain di MLS hingga hari ini.


14. Chris McCann (Shamrock Rovers)

Salah satu kedatangan Wigan sebelum musim 2013/2014, Chris McCann menghabiskan 3 tahun bersama Latics setelah bergabung dari Burnley. Dia pindah ke Atlanta United pada 2016. Tapi, kembali ke Inggris membela Coventry City dengan status pinjaman.

Kepindahan lain di MLS ke DC United menyusul sebelum McCann bergabung dengan Oldham Athletic pada 2019 dan kemudian Shamrock Rovers pada awal tahun ini.


15. Jordi Gomez (Omonia Nicosia)

Sebagai salah satu bintang dari Wigan asuhan Roberto Martinez, Jordi Gomez tetap bersama klub selama setahun setelah terdegradasi ke Championship dan selalu hadir dalam kampanye Liga Eropa 2013/2014.

Setelah itu, Gomez bergabung dengan Sunderland pada 2014. Tapi, dia hanya menghabiskan 2 tahun di klub, termasuk 5 bulan masa pinjaman di Blackburn Rovers sebelum kembali ke Wigan. Satu tahun lagi dengan The Latics sebelum bermain untuk Rayo Vallecano dan Levski Sofia. Kini, dia ada di Siprus dengan Omonia Nicosia.


16. Ben Watson (Charlton Athletic)

Ben Watson menghabiskan 6 tahun bersama The Latics dengan total 133 penampilan. Watson meninggalkan Wigan ke Watford pada 2015. Tapi, waktunya di Vicarage Road terhambat cedera dan masalah pribadi. Pemain berusia 35 tahun itu sekarang berada di Charlton Athletic, setelah bergabung pada 2020.


17. Nouha Dicko (Gaziantep)

Nouha Dicko hanya membuat dua penampilan pengganti untuk Wigan di Liga Eropa, dengan durasi total 7 menit. Dia dipinjamkan ke Rotherham sebelum penyisihan grup berakhir dan meninggalkan klub secara permanen ke Wolverhampton Wanderers pada 2014. Pada 2017, Dicko bergabung dengan Hull City dan sekarang membela Gaziantep.


18. Callum McManaman (Melbourne Victory)

Callum McManaman bergabung dengan klub saat masih muda dan membantu memenangkan Piala FA. Dia bertahan bersama di sana hingga 2015 sebelum dijual ke West Bromwich Albion. Setelah dipinjamkan ke Sheffield Wednesday dan pindah permanen ke Sunderland, McManaman kembali ke Wigan. Saat itu, bergabung dengan Ryan Shotton di Melbourne Victory.


19. Marc-Antoine Fortune (La Louviere)

Marc-Antoine Fortune bergabung dengan Wigan dari West Bromwich Albion pada musim panas 2013. Setelah 2 tahun dia pergi ke Coventry City, Southend United, dan Chesterfield. Penyerang berusia 39 tahun itu saat ini bersama tim Belgia, La Louviere.


20. Grant Holt (Norwich City, staf pelatih di akademi)

Waktu Grant Holt bersama Wigan diisi dengan masa pinjaman. Tapi, tak lama setelah pindah dari Norwich City pada 2013, striker itu fit dalam 3 penampilan Liga Eropa. 

Holt akhirnya meninggalkan Wigan pada 2016 setelah tiga kali masa pinjaman berbeda. Akhirnya, dia bergabung dengan Rochdale secara permanen. Tugas selanjutnya dengan Hibernian, King's Lynn Town, dan Barrow. Kemudian, Holt mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola pada 2018. Dia sekarang menjadi pelatih di Akademi Norwich City.

(andri ananto/mit)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network