5 Timnas Favorit Peraih Emas di Olimpiade Tokyo 2020

"Tokyo akan menjadi ajang pertunjukan para pemain muda berbakat"

Feature | 28 June 2021, 14:37
5 Timnas Favorit Peraih Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Libero.id - Sepak bola akan menjadi salah satu primadona dalam Olimpiade Musim Panas 2020. Turnamen empat tahunan itu akan berlangsung di Tokyo bulan depan dan setidaknya akan ada 16 negara yang akan berpartisipasi dalam cabang olahraga sepak bola.

Perlombaan sepak bola sendiri dimulai pada 22 Juli 2021 dan akan berlangsung hingga 7 Agustus 2021. Akan ada dua pertandingan di cabang sepak bola, satu untuk tim putra dan satu lagi untuk wanita.

Sesuai aturan, hanya pemain yang lahir pada atau setelah 1 Januari 1997 yang dapat berpartisipasi di Olimpiade, dengan maksimal 3 pemain di atas usia 24 tahun.

Brasil adalah juara bertahan sepak bola untuk tim putra di Olimpiade. Mereka siap memulai kampanye pada 22 Juli mendatang dengan menghadapi Jerman. Dua tim teratas dari empat grup akan melaju ke babak sistem gugur. Lalu siapa saja negara yang difavoritkan akan meraih emas di Tokyo ? berikut ulasannya.

5. Jepang
Negara tuan rumah adalah salah satu yang difavoritkan untuk meraih medali emas Olimpiade karena para pemain timnas Samurai Biru jelas telah terbiasa dengan kondisi negara mereka. Plus, faktor home ground akan menjadi keuntungan bagi mereka, selain paham betul dengan kondisi serta situasi yang ada, dukungan secara mental tentu menjadi pembeda untuk Jepang.

4. Argentina
Juara sepak bola Olimpiade dua kali itu juga merupakan tim favorit untuk memenangkan emas di Tokyo. Meski skuad U-23 Argentina tidak terbiasa dengan kondisi Jepang, para pemain ini secara teknis berada di puncak permainan mereka.

Tim muda Tango sendiri memiliki banyak talenta yang bisa membantu mereka untuk berbicara banyak di ajang Olimpiade sekaligus untuk menarik perhatian klub-klub besar Eropa, nama-nama seperti Ezequiel Ponce dan Hernán de la Fuente siap memberikan penampilan terbaiknya.

3. Prancis
Juara sepak bola Olimpiade 1984 itu akan mengincar emas musim panas ini di Tokyo. Les Bleus adalah pesaing kuat untuk membawa pulang medali emas dengan Malang Sarr dan Jonathan Ikoné akan ambil bagian dalam turnamen. Partisipasi Kylian Mbappe belum disertifikasi untuk Olimpiade. Tim Prancis juga akan mendapatkan servis dari Florian Thauvin yang berpengalaman di turnamen tersebut.

2. Spanyol
Satu-satunya medali emas Olimpiade yang dimenangkan oleh tim muda La Roja adalah pada Olimpiade edisi 1992. Spanyol sendiri memiliki akademi pemuda terbaik di dunia, tentunya ada harapan besar agar para pemain muda mereka tampil baik di Tokyo dan bisa membawa pulang emas.

Mereka bahkan melatih tim U-19 dengan menempatkan mereka dalam pertandingan 5 lawan 5, bukan 11. Oleh karena itu permainan penguasaan bola dan talenta muda yang mereka miliki layak masuk dalam kategori tim favorit peraih emas sepak bola, dua pemain mereka, Gonzalo Villar dan Brahim Díaz kemungkinan akan menjadi tumpuan.

1. Brasil
Sebagai juara bertahan, timnas Samba tentu layak masuk dalam daftar ini. Tim U-23 mereka hanya kalah dua kali dari 11 pertandingan terakhir mereka. Mereka telah merilis skuad mereka untuk turnamen empat tahunan tersebut. Nama-nama senior seperti Daniel Alves, Gabriel Magalhães dari Arsenal di pertahanan, Douglas Luiz di lini tengah dan mantan penyerang Barcelona, Malcom akan dibawa ke Jepang.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network