Rekor Pedri di Euro 2020: Pemain Termuda yang Masuk Starting XI Fase Knock-out

"Umur 18 tahun sudah main di kompetisi besar. Bagaimana kamu di usia segitu?"

Feature | 29 June 2021, 13:28
Rekor Pedri di Euro 2020: Pemain Termuda yang Masuk Starting XI Fase Knock-out

Libero.id - Kemenangan Spanyol atas Kroasia tidak hanya disambut meriah suporter. Skor 5-3 juga membuat Pedro González López alias Pedri mencatatkan rekor spesial. Dalam usia 18 tahun 215 hari, dia memecahkan rekor Wayne Rooney (18 tahun 244 hari) sebagai pemain termuda di starting line-up fase knock-out.

Pedri menikmati peningkatan pesat sejak bergabung dengan raksasa La Liga, Barcelona, dari Las Palmas pada awal musim 2020/2021. Sejak datang, Pedri langsung memikat dam telah membuat 52 penampilan untuk Barcelona di semua kompetisi.

Pedri telah menarik magnet pembicaraan. Penampilannya di Euro 2020 telah menggambarkan betapa bagus dan berbakat dirinya. Saat tim asuhan Luis Enrique itu meraih kemenangan dramatis 5-3 dalam pertandingan babak 16 besar melawan Kroasia, Pedri hadir pada saat yang tepat.

Gaya bermain Pedri telah membuatnya dibandingkan dengan pemain hebat dan mantan Legenda Barcelona, Andres Iniesta. Pria yang menemukan bakat Iniesta, Albert Benaiges, tidak terkejut mendengar klaim seperti itu saat membandingkan kesamaan keduanya.

"Dia cerdas. Secara teknis dia sangat bagus. Meski tidak agresif, dia pekerja keras. Dalam hal itu dia sangat mirip dengan Andres. Dan, mereka sama dalam cara mereka sebagai manusia. Mereka bergaul dengan rekan satu tim di dalam ruang ganti," kata Benaiges, dilansir Mirror.

Bermain di tim yang sama dengan Lionel Messi telah menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Pedri. Begitu juga dengan pemain asal Argentina itu yang senang dengan kehadiran generasi muda di Camp Nou. Itu terlihat dari kolaborasi Messi dengan Pedri sepanjang musim 2020/2021.

Bek Barcelona asal Prancis, Clement Lenglet, percaya dua pemain itu memiliki "perasaan khusus". Sementara Ronaldo Koeman juga memuji pemahaman efektif mereka di lapangan. "Messi senang (dengan Pedri). Anda bisa lihat sendiri," kata Koeman dalam sebuah kesempatan. 

"Dia bermain lebih baik dengan pemain bagus di sekitarnya. Pedri bagus diantara lini dan bergabung dengan baik dengan Leo," tambah Koeman.

Pedri sendiri juga senang bisa berbagi lapangan dengan pemain terhebat di dunia. Jika pemain berusia 18 tahun itu melakukan manuver dengan Messi dalam sebuah pertandingan, biasanya hanya ada satu hasil akhir.

"Saya menikmatinya, untuk melihat dia dan apa yang dia mampu lakukan. Seperti itu dalam permainan dan sesi latihan. Bisa berbagi momen dengannya sungguh luar biasa. Saya selalu mencarinya di lapangan karena dia selalu tahu apa yang dia lakukan," ungkap Pedri.

"Dia selalu berusaha menemukan saya dan mengatakan kepada saya untuk menempatkan diri saya diantara batas karena dia akan menemukan saya. Saya mencarinya, saya memberinya umpan karena dialah yang bisa menciptakan bahaya," lanjut Pedri.

Tidak hanya di level klub, Pedri juga bersinar terang di Euro 2020. Dia masuk dalam skuad Spanyol asuhan Luis Enrique untuk Euro 2020 dan tidak pernah melewatkan satu menit pun pertandingan hingga saat ini.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network