Kisah Ramon Calliste, Eks Pemain MU Seangkatan Rooney Kini Sukses Bisnis Arloji Mewah

"Sayang cedera membuatnya berhenti bermain sepak bola"

Feature | 17 August 2021, 17:21
Kisah Ramon Calliste, Eks Pemain MU Seangkatan Rooney Kini Sukses Bisnis Arloji Mewah

Libero.id - Ramon Calliste adalah mantan bintang muda Man United yang pernah diberi label sebagai The Next Ryan Giggs. Dia juga pernah bermain bersama beberapa pemain hebat seperti Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney.

Namun, ketika dia tidak berhasil di Old Trafford, mantan pemain Cardiff City itu pindah ke Liverpool dan menjadi salah satu pencetak gol terbanyak The Reds pada awal kedatangannya di Anfield.

Frustrasi dengan kurangnya peluang di tim utama, dia kemudian menerima saran dari manajer Wales saat itu John Toshack dan akhirnya dia pindah ke Scunthorpe pada tahun 2006.

Namun saat memainkan pertandingan pramusim pertamanya, Ramon mengalami dislokasi pada pergelangan kakinya, retak tulang dan kerusakan parah pada ligamennya.

Setelah terpental di beberapa klub, termasuk Farnborough dan Cambridge City, Ramon sadar bahwa cedera horor yang dialaminya membuatnya tidak akan pernah kembali ke level yang sama lagi.


Waktu Telah Berubah

Dia kini mengalihkan perhatiannya kepada dunia jam tangan, dan pada tahun 2013 dia meluncurkan Global Watches. Itu adalah sebuah perusahaan yang menjual jam tangan kelas atas termasuk Rolex, Audemars Piguet, dan Hublot.

Bisnis Ramon sekarang menghasilkan sekitar 5 juta Pound (Rp 99,5 miliar) per tahun. Dia menjual produknya kepada beberapa pesepakbola, selebritas, dan orang kaya lainnya.

"Ketika saya menyadari bahwa sepakbola tidak akan memberi saya kehidupan yang saya inginkan, saya menyiapkan sesuatu yang lain dan bergerak cepat," ujar Ramon Calliste kepada SunSport.

"Saya mulai terlibat dalam jam tangan melalui kontak yang saya miliki di dunia sepak bola."

"Begitu saya melihatnya bisa menjadi bisnis yang bagus, saya mendirikan Global Watches pada tahun 2013 dan itu menjadi perusahaan yang sangat kuat yang sekarang menghasilkan jutaan Pound."

"Idenya adalah untuk tetap tumbuh dan menjual perusahaan dalam waktu lima atau sepuluh tahun, seperti yang dilakukan Watchfinder baru-baru ini."


Didukung Oleh Beberapa Pesepakbola

Ramon mengakui bahwa dia adalah seorang pemula dalam hal mendirikan bisnis. Tapi kariernya sebagai pemain membantunya memiliki kontak dengan banyak pesepakbola, yang menghargai kepercayaannya karena karier bermainnya di masa lalu.

"Menjalankan bisnis apa pun sangat sulit," ujar Calliste.

"Ketika Anda berurusan dengan barang-barang bernilai tinggi, ada banyak kepatuhan dan peraturan yang harus diingat."

"Saya beruntung sejak awal sangat menguntungkan. Beberapa jam tangan yang kami jual bisa dijual mulai dari 250.000 Pound (Rp 4,9 miliar)."

"Memiliki sejarah sepakbola membantu saya. Saya berurusan dengan pesepakbola pada awalnya, menjual jam tangan kepada mereka dan saya sudah memiliki kepercayaan itu di sana."

"Bahkan hari ini, klien datang online dan mereka merasa nyaman membeli dari saya."

"Mungkin ada perusahaan lain yang lebih kuat dari saya, tetapi karena saya memainkan permainan itu, itu membantu bisnis yang saya jalani."

"Ketika Anda dapat membawa inventaris Anda ke pemain sepak bola, mungkin sepuluh jutawan, itu lebih baik untuk semua pihak. Mereka lebih suka layanan itu dan ini adalah kesempatan yang lebih mudah untuk menjual barang."

"Saya memiliki hubungan yang baik dengan para pemain dan memastikan mereka dijaga."


Penghasilan Besar

Pada hari biasa, pria Wales berusia 35 tahun itu kini bisa menjual jam tangannya sekitar 50.000-70.000 Pound (Rp 900 juta - 1,3 miliar). Kadang-kadang, ia mendapat penjualan 150.000-250.000 Pounds (Rp 3 miliar-5 miliar) per bulan.

"Mereka mengapresiasi, jam tangan sudah menjadi komoditas," ujar Calliste.

"Sangat menyenangkan bagi klien saya untuk menghasilkan uang jika mereka membeli jam tangan dari saya, termasuk jika mereka ingin menjual jam tangan di masa depan."

"Saya melihat diri saya sebagai konsultan. Saya tahu jam tangan luar dalam dan mencoba menasihati mereka tentang apa yang harus dibeli."

"Jadi kadang-kadang ketika klien saya datang kepada saya dengan apa yang mereka inginkan, saya akan memberitahu mereka langsung apakah itu ide yang baik atau buruk."

"Saya tidak ingin klien saya kehilangan banyak uang, ketika mereka datang untuk menjual arloji mereka."

Kedepannya, Ramon berharap dapat membuka lebih banyak toko untuk memastikan Global Watches menjadi toko jam tangan yang terkenal di seluruh dunia.

Dia juga mulai masuk ke bisnis properti dan berharap untuk pensiun pada usia 50 tahun.


Debut Kariernya yang Berkesan

Melihat kembali karier sepakbolanya, Ramon berbicara tentang bagaimana semuanya dimulai tanpa ada rasa penyesalan.

"Saya diawasi oleh pemandu bakat Manchester United, Tony Hopkins selama dua tahun ketika saya masih di sekolah menengah di Cardiff."

"Awalnya, saya menandatangani kontrak dengan Coventry, tetapi saya tidak merasa bahagia di sana. Saya dipilih untuk Wales U-19 saat berusia 13 tahun, dan Coventry menghentikan saya bermain."

"Saya tahu itu karena seseorang bisa saja memburu saya jika mereka melihat saya bermain dan saya membuat scout lain terkesan."

“Saya keluar dari kontrak itu, kembali ke sekolah dan kemudian saya pergi ke Manchester United pada tahun 2000. Ketika saya sampai di Old Trafford, saya bertemu Sir Alex Ferguson yang merupakan pengalaman yang luar biasa."

"Melihat semuanya untuk pertama kalinya, saya pergi ke ruangan terkenal di mana semua orang bertemu dengannya."


Pengalaman Bermain Bersama Rooney, Ronaldo dan Bale

Ramon tidak bermain untuk tim utama MU, tetapi dia mendapat kesempatan untuk berlatih dengan beberapa superstar mereka.

“Kami tidak selalu berlatih dengan tim utama, tetapi terkadang kami memiliki pertandingan lima lawan lima. Saya bercita-cita untuk berlatih dengan mereka secara permanen, dan itu luar biasa ketika saya mendapatkan kesempatan itu."

"Saya berlatih dengan Rooney dan Ronaldo, yang merupakan pemain besar."

Calliste juga melihat potensi Gareth Bale secara langsung dan dia tahu bahwa pemain sayap Real Madrid itu adalah calon bintang di masa depan.

"Saya ingat ketika melihat Gareth Bale, ketika kami menjalani sesi latihan Wales U-21 di tempat latihan Wrexham."

"Saya tidak benar-benar tahu siapa dia saat itu, tetapi saya tahu dia pemain Southampton."

"Tapi setelah latihan, kami melakukan tendangan bebas dan saya bisa melihatnya berlatih tendangan bebas. Anda bisa melihat sejak saat itu bahwa dia adalah pemain spesial. Sangat menyenangkan bermain bersamanya dan beberapa pemain hebat dunia lainnya."


Cedera Menghancurkan Kariernya

Setelah Ramon Calliste dibebaskan dari Old Trafford, dia menjadi bintang cadangan di Liverpool.

Dia adalah pencetak gol utama The Reds pada musim 2005/2006, tetapi ia kemudian pergi ke Scunthorpe untuk mendapatkan peluang bermain di tim utama.

“Awalnya bulan itu yang ingin saya lakukan, tetapi Toshack mengatakan kepada saya bahwa saya perlu bermain sepakbola kompetitif jika saya ingin masuk ke tim utama Wales."

"Saya pikir, mari lakukan ini dan ambil kontrak. Pramusim saya langsung cedera dan saya tidak pernah benar-benar pulih darinya."

Cedera pergelangan kaki yang dialami Calliste menyebabkan kerusakan ligamen dan patah tulang pada sekitaran kakinya.

"Saya mengalami masalah dengan pergelangan kaki hari ini," ungkapnya.

"Saya menemui spesialis secara teratur dan saya mungkin harus menjalani operasi lagi. Jika saya mengalami cedera di Man United dan Liverpool, saya mungkin baik-baik saja."

"Tetapi karena saya menjalani perawatan di Scunthorpe, saya rasa saya tidak mendapatkan perawatan medis yang tepat."

Pada tahun 2009, Calliste memutuskan karier bermain sepakbolanya yang sudah tidak bisa diteruskan lagi.

(diaz alvioriki/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network