Bagaimana Kariernya? 5 Pemain yang Gabung Chelsea Bareng Lukaku pada 2011

"Ada yang beruntung di London Barat. Tapi, beberapa orang menemukan karier bagus di tempat lain."

Feature | 18 August 2021, 04:02
Bagaimana Kariernya? 5 Pemain yang Gabung Chelsea Bareng Lukaku pada 2011

Libero.id - Romelu Lukaku kini telah menyelesaikan kepindahannya dari Inter Milan ke Chelsea senilai 97,5 juta pounds (Rp1,9 triliun). Dan, itu merupakan kedua kalinya pemuda Belgia tersebut berada di Stamford Bridge.

Lukaku pertama kali bergabung dengan Chelsea dari Anderlecht pada 2011. Tapi, dia tak menemukan bentuk permainan terbaiknya sehingga harus dipinjamkan ke beberapa klub, serta berpindah-pindah dari Everton, Manchester United, hingga yang terakhir Inter Milan.

Tapi, Lukaku bukan satu-satunya yang tiba di Stamford Bridge pada musim panas itu. Pada transfer window awal musim 2011/2012 itu, ada sejumlah nama lain yang bergabung untuk mencoba meraih kesuksesan di London Barat. Ada yang masih eksis hingga sekarang, tapi beberapa lainnya sudah hilang.

Berikut ini karier 5 pemain Chelsea yang datang bersama Lukaku pada musim panas 2011:


1. Thibaut Courtois

Lukaku bukan satu-satunya pemain Belgia berbakat yang direkrut Chelsea pada musim panas 2011. Courtois bergabung dengan The Blues dari Genk dan segera dipinjamkan ke Atletico Madrid. Di sana, dia berkembang menjadi salah satu kiper terbaik di dunia.

Setelah tiga tahun yang sukses di Spanyol, dia kembali ke Stamford Bridge pada 2014 dan mengambil alih posisi Petr Cech untuk menjadi No.1. Courtois lalu membuat lebih dari 150 penampilan untuk klub selama empat musim berikutnya, memenangkan dua Liga Premier, Piala FA, dan Piala Liga.

Terlepas dari upaya terbaik Chelsea untuk mempertahankannya, Courtois memutuskan kembali ke Spanyol dan menyelesaikan kepindahan permanen ke Real Madrid pada 2018.


2. Oriol Romeu

Lulusan La Masia ini melakukan debut seniornya di bawah Pep Guardiola sebelum bergabung dengan Chelsea dalam kesepakatan 4,35 juta pounds (Rp86,2 miliar). Dia membuat 24 penampilan di semua kompetisi pada musim debutnya di Stamford Bridge, tapi mengalami cedera lutut serius pada Desember 2012 dan kemudian gagal mendapatkan kembali tempatnya di tim utama.

Gelandang itu bergabung dengan Southampton pada 2015 dan sejak itu mengukir karier yang layak di St Mary's. Di sana, dia membuat lebih dari 200 penampilan. Sekarang, dia masih di sana, meski sempat dipinjamkan ke Jerman.


3. Juan Manuel Mata

Didatangkan dari Valencia seharga 23,5 juta pounds (Rp465 miliar), Mata menikmati musim debut yang brilian di Chelsea dan memberikan assist pada Didier Drogba di final Liga Champions 2011/2012.

Pemain timnas Spanyol itu juga membuktikan dirinya sebagai favorit penggemar di Stamford Bridge. Dia memenangkan Player of the Year di kedua dua musim pertamanya secara berturut-turut.

Tapi, setelah kedatangan Jose Mourinho segalanya berubah dan secara mengejutkan. Mata diizinkan bergabung dengan Manchester United pada Januari 2014. Hingga hari ini Mata masih menjadi salah satu pemain yang diandalkan Ole Gunnar Solskjaer di Old Trafford.


4. Ulises Davila

Setelah tampil mengesankan di Piala Dunia U-20 2011, Davila meninggalkan Chivas de Guadalajara untuk menjadi orang Meksiko pertama yang bergabung dengan Chelsea. Dirinya sangat berharap mengikuti jejak Javier Chicharito Hernandez di Manchester United.

Tapi, dia tidak pernah bermain untuk The Blues karena ketidakmampuannya untuk mendapatkan izin kerja di Inggris. Selanjutnya, dia menghabiskan waktu dengan status pinjaman di bebera klub seperti Vitesse Arnhem, Sabadell, Cordoba, Tenerife, hingga Vitoria Setubal.

Pemain berusia 30 tahun itu kembali ke negara asalnya Meksiko bersama Santos Laguna pada Desember 2015 dan sekarang bermain untuk Macarthur FC di Australia.

"Saya bangga dengan tempat saya bermain karena tidak mudah pergi dari Meksiko untuk beradaptasi, belajar Bahasa Inggris, dan kemudian harus berganti klub. Jadi, saya senang," kata Davila dalam sebuah kesempatan, tentang karier sepakbola profesionalnya, dilansir Planet Football.


5. Raul Meireles

Chelsea gagal mengontrak Luka Modric dari Tottenham Hotspur dan kemudian mengalihkan perhatian kepada Meireles, yang baru saja memenangkan penghargaan Pemain Terbaik PFA  selama satu-satunya musim di Liverpool.

Mantan pemain timnas Portugal itu benar-benar ke Chelsea dan membuat 45 penampilan pada 2011/2012. Dirinya ikut membantu klub meraih medali juara Liga Champions, meski absen di final karena skorsing kartu.

Pada September 2012 Meireles kemudian bergabung dengan klub Turki, Fenerbahce, dan pensiun pada musim 2019. Sekarang, dia kembali ke kampung halamannya di Portugal untuk membantu istinya menjaga beberapa butik pakaian di sejumlah kota besar di Portugal dan Eropa.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network