Dari La Masia ke La Masia, Nomor 10 Barcelona Diwariskan ke Ansu Fati

"Messi mengenakan nomor 10 di usia 21. Sementara Fati 18 tahun."

Biografi | 01 September 2021, 21:32
Dari La Masia ke La Masia, Nomor 10 Barcelona Diwariskan ke Ansu Fati

Libero.id - Ansu Fati telah absen sejak November 2020 setelah mengalami robek meniskus dalam pertandingan melawan Real Betis, dan ia belum juga dimainkan ketika musim baru 2021-22 sudah memasuki jornada ketiga.

Di tengah-tengah situasi itu, dirinya justru diberikan nomor punggung 10 yang sebelumnya dikenakan oleh megabintang Lionel Messi --- yang memutuskan untuk keluar dari Camp Nou dan pergi ke Paris Saint-Germain (PSG). Messi sendiri mewarisi nomor punggung 10 dari Ronaldinho yang hengkang pada musim 2008.

Pemberian nomor punggung itu mungkin semacam kabar atau pertanda bahwa Fati siap untuk merumput dan beraksi lagi. Namun pertanyaan yang perlu kita ajukan, kenapa Ansu Fati?

Muda, Berbakat, dan Produk Akademi

Tak dapat disangkal, pemain berusia 18 tahun dan produk dari akademi klub La Masia itu memang memiliki bakat yang istimewa.

Fati, dipandang sebagai salah satu prospek muda paling menarik di dunia sepak bola, melakukan debutnya untuk Barcelona pada Agustus 2019 dan menjadi pemain termuda yang mencetak gol di La Liga untuk klub seminggu kemudian dalam hasil imbang 2-2 di Osasuna.

Fati mencetak gol Liga Champions pertamanya untuk Barcelona dalam kemenangan atas Inter Milan pada Desember 2019, juga menjadi pencetak gol termuda dalam prosesnya. Pada September tahun lalu ia juga menjadi pencetak gol termuda untuk timnas Spanyol dalam kemenangan negaranya atas Ukraina.

"Ansu Fati memiliki nomor punggung baru, 10," demikian pernyataan Barcelona lewat akun sosial

"Setelah mengenakan nomor 22 lalu 17, dan 31,  penyerang muda Barca akan dengan bangga mengenakan nomor punggung 10 - jersey terkenal yang sebelumnya dipakai oleh para Legenda seperti Leo Messi, Ronaldinho, dan Rivaldo."

"Meskipun baru berusia 18 tahun dan masih belum pulih dari cedera, Ansu Fati merupakan bagian dari sejarah Barca sebagai pemecah rekor dan juga dengan tim nasional Spanyol." tulis Sky Sports.

Lebih jauh Sky Sports menyoroti Ansu Fati, "Sejak debutnya pada Agustus 2019, anak muda ini telah membuat rekor di liga dan Liga Champions. Hanya enam hari setelah debutnya untuk tim pertama, ia menjadi pemain termuda yang mencetak gol di liga untuk FC Barcelona.

"Pemecah rekor yang sekarang akan memakai nomor ajaib '10'." tutup Sky Sports.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network