2 Pemain Liverpool yang Tidak Pernah Kalah di Anfield pada Liga Premier

"Terakhir kali Liverpool kalah empat laga kandang beruntun terjadi pada Desember 1923."

Feature | 21 February 2021, 04:59
2 Pemain Liverpool yang Tidak Pernah Kalah di Anfield pada Liga Premier

Libero.id - Anfield telah menjadi benteng pertahanan tangguh Liverpool dalam beberapa tahun terakhir. Di stadion legendaris itu, The Reds mencetak rekor 64 pertandingan liga tanpa kalah. Sayang, Anfield kini tak lagi angker menyusul kekalahan empat kali beruntun The Reds di Liga Premier.

Anfield adalah stadion sepakbola di Merseyside, yang menjadi kandang Liverpool dan memiliki kapasitas tempat duduk 53.394 orang. Itu menjadikan Anfield sebagai stadion sepakbola terbesar ketujuh di Inggris. Anfield telah menjadi rumah bagi  Liverpool sejak dibentuk pada 1892.

Awalnya, Anfield adalah rumah Everton pada 1884-1891 atau sebelum pindah ke Goodison Park setelah perselisihan dengan presiden klub. Stadion ini memiliki empat tribun, yaitu The Kop, The Main Stand, Sir Kenny Dalglish Stand, dan Anfield Road End. Rekor kehadiran 61.905 ditetapkan pada pertandingan antara Liverpool dan Wolverhampton Wanderers pada 1952.

Dua gerbang di stadion dinamai berdasarkan nama mantan pelatih legendaris Liverpool, yaitu Bill Shankly dan Bob Paisley. Keduanya juga dibuatkan patung. Patung Shankly diresmikan pada 1997 di The Kop dan Paisley pada 2020 di The Main Stand.

Konstruksi untuk perpanjangan The Main Stand dimulai pada 8 Desember 2014 dan selesai pada 9 September 2016. Itu meningkatkan kapasitas stadion menjadi 54.074 kursi. Pembukaan itu juga membuat The Reds semakin tangguh di kandang. Mereka punya catatan yang sangat bagus tidak pernah kalah di Anfield sejak April 2017 ketika dikalahkan Crystal Palace 1-2.

Belakangan ini Anfield kehilangan keangkeran. Empat laga terakhir, Liverpool kalah dari Burnley, Brighton, Man City,  dan terakhir Everton di Anfield. Terakhir kali Liverpool kalah empat laga kandang beruntun terjadi pada Desember 1923.

Ada dua pemain Liverpool yang sejauh ini belum pernah merasakan kekalahan di Anfield. Mereka adalah:

1. Naby Keita

Libero.id

Kredit: instagram.com/keitanabydeco

Keita tiba di Liverpool pada 2018 dengan harapan besar. Tapi, pemain berusia 25 tahun itu berjuang untuk mendapatkan tempat di lini tengah. Lulusan RB Leipzig itu hanya membuat 24 penampilan liga di Anfield dalam 2 tahun. Tapi, mereka memenangkan semua kecuali 3 pertandingan. Cedera membuat Naby Keita absen dalam empat laga berujung kekalahan di Anfield.


2. Virgil van Dijk

Libero.id

Kredit: instagram.com/virgilvandijk

Van Dijk telah berperan penting dalam transformasi Liverpool baru-baru ini. Pria asal Belanda tersebut dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik di dunia. Pemain berusia 29 tahun itu dikontrak dari Southampton seharga 75 juta pada 2018. Dia memenangkan 42 dari 47 pertandingan Liga Premier yang dijalani bersama Liverpool di Anfield.  Cedera membuat Van Dijk absen dalam empat laga berujung kekalahan di Anfield.

Sebelumnya kekalahan lawan Burnley, ada 7 pemain Liverpool belum pernah kalah di Anfield. Mereka adalah:

1. Alisson Becker

Perjalanan pertama Alisson ke Anfield menghasilkan kekalahan telak. Saat itu, dia kebobolan lima gol ketika membela AS Roma melawan Liverpool pada 2018. Saat itu mereka menyerah 2-5 di Liga Champions. Setelah itu, Alisson menerima pinangan Juergen Klopp untuk pindah ke Liverpool dengan 65 juta pounds. Hasilnya, penjaga gawang berkebangsaan Brasil tersebut menang 35 kali dan seri 3 kali dari 38 pertandingan Liga Premier di kandang.

2. Andrew Robertson

Libero.id

Kredit: instagram.com/andyrobertson94

Setelah awal yang lambat seusai kepindahannya dari Hull City pada 2017, Robertson telah membuktikan dirinya sebagai bagian penting dari rencana Klopp di Liverpool. Bek kiri itu telah membuat 54 penampilan liga di Anfield selama 3 tahun terakhir. Robertson menang 47 kali dan seri pada 7 pertandingan lainnya.

3. Fabinho

Fabinho telah membuat 32 penampilan liga di Anfield selama 18 bulan terakhir dan telah menjadi tim pemenang sebanyak 30 kali. Hasil imbang 1-1 Liverpool melawan Leicester City pada 2019 dan Burnley pada 2020 adalah satu-satunya pertandingan liga di kandang yang belum mereka menangkan ketika Fabinho terlibat.


4. Alex Oxlade-Chamberlain

Oxlade-Chamberlain pindah ke Liverpool dari Arsenal pada 2017. Tapi, masalah cedera telah mengganggu kariernya di Liverpool dan membatasi dirinya untuk 32 penampilan liga di Anfield. Sang gelandang telah membantu Liverpool mengumpulkan 82 poin dari kemungkinan 96 dari pertandingan tersebut, dengan 25 kemenangan dan 7 kali seri.

5. Xherdan Shaqiri

Libero.id

Kredit: instagram.com/shaqirixherdan

Shaqiri telah berjuang untuk masuk ke tim utama Liverpool setelah didatangkan dari Stoke City pada 2018. Dia hanya membuat 16 penampilan liga di Anfield. Tapi, pemain sayap itu tidak pernah mengecewakan Klopp ketika terpilih masuk lapangan. Rekornya, 15 kemenangan dan sekali imbang.

6. Mohamed salah

Setelah bergabung dengan Liverpool dari AS Roma pada 2017, pemain sayap ini telah membuat 60 penampilan liga di Anfield. Salah memenangkan 50 pertandingan dan seri 10 kali. Salah juga memiliki rekor mencetak gol yang luar biasa di Anfield dengan mencatatkan 52 gol dalam 60 pertandingan liga.

Satu-satunya saat Salah bermain dalam kekalahan liga Liverpool di Anfield adalah ketika bermain untuk Chelsea. Saat itu, The Blues mencatatkan kemenangan membanggakan 2-0 di Anfield pada 2014.

7. Sadio Mane

Mane telah berada di Liverpool lebih lama daripada pemain lain dalam daftar ini. Tapi, pemain sayap itu melewatkan 2 kekalahan liga kandang pada 2016/2017 karena cedera dan pertandingan timnas. Pemain berusia 28 tahun itu telah bermain dalam 70 pertandingan liga kandang untuk Liverpool. Dia menghasilkan 60 kemenangan dan 10 skor imbang.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network