Selamat Ulang Tahun!

Banyak Dipakai Klub Jerman, Ini Kisah di Balik Penamaan Borussia

"Di kompetisi Bundesliga, Anda seringkali mendengar nama Borussia Dortmund dan Borussia Muenchengladbach."

Feature | 27 February 2021, 10:26
Banyak Dipakai Klub Jerman, Ini Kisah di Balik Penamaan Borussia

Libero.id - Di kompetisi Bundesliga, Anda seringkali mendengar nama Borussia Dortmund dan Borussia Muenchengladbach. Nama kedua tim asal Jerman itu makin santer didengar, apalagi mereka masih terlibat persaingan sengit di babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Sebenarnya apa makna di balik penamaan Borussia? Pertanyaan itu layak muncul ke permukaan karena masih sedikit yang mengetahui perihal latar belakang keduanya menggunakan nama tersebut. Berdasarkan laman resmi Bundesliga, berikut penjelasan yang menjabarkan makna sebenarnya dari Borussia.

Latar Belakang Sejarah

Borussia adalah kata Latin untuk Prusia, bekas negara Eropa yang sebagian besar terdiri dari Jerman, Polandia, Lithuania, dan Rusia.

Dengan ibu kotanya di Berlin, Prusia adalah kekuatan utama Eropa pada abad ke-18 dan ke-19. Mereka juga punya kekuatan militer yang mendorong di balik penyatuan berbagai negara Jermanik pada 1871, hingga terbentuk negara Jerman seperti yang kita ketahui hari ini.

Ketika Jerman bersatu menjadi negara yang semakin maju dan pemain lebih kuat di kancah internasional, nasionalisme tumbuh, dan menjadi faktor kunci di balik penamaan sejumlah klub Jerman, seperti Dortmund dan Gladbach. Selain kedua tim raksasa itu, penamaan Borussia juga digunakan Neunkirchen dan Fulda.

Pendiri Borussia Dortmund

Pada 1909, sekelompok pemuda setempat, yang tidak senang bermain sepak bola di bawah pengawasan ketat pendeta, memutuskan membentuk klub mereka sendiri sebagai bentuk protes. Mereka bertemu di 60 Oesterholzstrasse, kemudian sebuah bar dengan nama Zum Wildschutz. Tapi, karena pertemuan itu bersifat spontan dan tidak siap, nama Borussia disarankan hanya karena ada tanda Borussia-Brauerei di dinding, yaitu Pabrik Bir Borussia. Pabrik itu terletak tidak jauh dari bar.

Pendiri Borussia Muenchengladbach

Tim yang identik disebut Gladbach ini dibentuk pada 1900 ketika sekelompok pemuda berkumpul di restoran Anton Schmitz di distrik Eicken, Muenchengladbach. Dalam hal ini, patriotisme adalah motivasi yang lebih kuat dan nama Borussia ditambahkan karena Kota Muenchengladbach dulunya adalah bagian dari kerajaan lama Prusia.

Siapakah Borussen Sebenarnya?

Anda mungkin sering mendengar penamaan Borussen. Siapa Borussen yang sebenarnya adalah titik pertikaian di antara dua kelompok pendukung - Gladbach bisa dibilang memiliki lebih banyak klaim atas gelar sejak pembentukan klub mereka sebelum Dortmund berusia sembilan tahun - tetapi yang pasti adalah tempat yang membanggakan bagi keduanya. Mereka selalu memegang itu dalam sejarah sepak bola Jerman.

Terlepas dari rivalitas keduanya yang ngotot menggunakan nama Borussia (Die Borussen), mereka telah mewarnai sepak bola Jerman maupun Eropa melalui prestasi masing-masing. Dortmund sudah delapan kali mendominasi Liga Jerman, empat kali menjuarai DFB Pokal, enam kali juara Piala Super Jerman, sekali juara di Liga Champions musim 1996/1997, sekali menjuarai Piala Winners musim 1965/1966, serta juara di Piala Intercontinental pada 1997.

Gladbach tak mau kalah. Mereka sudah empat kali mendominasi Bundesliga, tiga kali juara DFB Pokal, dua kali tampil sebagai juara di Piala UEFA, dan menjadi runner-up Piala Intercontinental pada 1977. Tim yang juga memiliki julukan Die Fohlen ini punya reputasi besar di sepak bola Jerman.

Mereka termasuk satu dari empat tim asal Jerman yang masih bersaing di babak 16 besar Liga Champions musim ini. Walau tertinggal 0-2 dari Manchester City pada leg pertama, Gladbach optimistis dapat membalikkan keadaan pada leg kedua nanti. “Setiap tim masih memiliki kesempatan besar memenangi pertarungan, termasuk kami. Tinggal bagaimana persiapan dan strategi yang bakal berbicara nanti. Saya berharap kami dapat melalui hambatan tersebut,” ujar Pelatih Gladbach, Marco Rose.




Hasil Pertandingan Borussia Dortmund


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan