Hoax! Kisah Emmanuel Emenike Ceraikan Miss Nigeria 2013 demi Miss Nigeria 2014

"Emenike menjadi bahan lelucon dan ejekan rekan-rekannya. Ternyata disebarkan penyanyi terkenal."

Feature | 15 March 2021, 06:44
Hoax! Kisah Emmanuel Emenike Ceraikan Miss Nigeria 2013 demi Miss Nigeria 2014

Libero.id - Beberapa tahun lalu, sepakbola dihebohkan kabar perceraian Emmanuel Emenike dengan Miss Nigeria 2013. Konon, itu dilakukan penyerang Nigeria tersebut demi menikahi Miss Nigeria 2014. Benarkah berita itu?

Emenike memulai karier junior dari klub di kampung halamannya, Delta Force. Setelah naik kelas, dia bergabung dengan MP Black Aces sebelum pergi ke Afrika Selatan untuk memperkuat FC Cape Town. Pemain kelahiran 10 Mei 1987 tersebut lalu pergi ke Turki untuk bermain bersama Karabukspor di Divisi I 2009/2010.

Keputusan bermain untuk Karabukspor ternyata tepat. Dia mencetak 16 gol di Divisi I dan memimpin klub ke promosi otomatis ke Liga Super. Emenike memenangkan penghargaan Pemain Asing Terbaik Divisi I 2009/2010.

Sempat dituduh memalsukan identitas oleh media Turki, Haber Turk, Emenike tampil gemilang pada musim debut di Liga Super. Dia mencetak gol pada laga pertama saat membantu Karabukspor mengalahkan Manisaspor 2-1. Pada 28 November 2010, dia mencetak hattrick ke gawang Bucaspor. Di akhir musim, Emenike mencetak total 14 gol.

Performa bagus membuat Emenike bergabung dengan salah satu klub elite asal Istanbul, Fenerbahce, pada 25 Mei 2011, dengan biaya yang dirahasiakan, yang diyakini 9 juta euro. Tapi, hanya berselang 2 bulan, Emenike langsung dijual ke Spartak Moscow seharga 10 juta euro tanpa pernah menjalani pertandingan kompetititf.

Setelah 2,5 musim di Rusia, bermain 42 kali di Liga Premier Rusia, dan mengemas 21 gol, Emenike memutuskan kembali ke Turki. Fenerbahce membelinya lagi. Kali ini dengan 13 juta euro.

Di tahun yang sama, Emenike masuk skuad 23 pemain Nigeria untuk Piala Afrika. Pada 21 Januari 2013, dia mencetak gol dalam pertandingan pembukaan melawan Burkina Faso dengan hasil imbang 1-1. Nigeria berhasil lolos dari Grup C sebagai runner-up dengan poin yang sama dengan pemuncak klasemen akhir, Burkina Faso.

Emenike juga mencetak gol pertama dalam pertandingan perempat final dengan Pantai Gading yang dimenangkan Nigeria 2-1. Dia mencetak gol tendangan keras dari jarak sekitar 30 meter.

The Super Eagles melangkah ke semifinal dan final. Pada pertandingan puncak di FNB Stadium, Johannesburg, 10 Februari 2013, Emenike absen karena cedera paha. Tapi, Nigeria mampu mengalahkan Burkina Faso. Mereka menjadi juara di Benua Hitam lagi setelah terakhir kali pada 1994 di Tunisia.

Di turnamen itu, Emenike mencetak total 4 gol. Dia manjadi topskor bersama Mubarak Wakaso dari Ghana. Emenike juga terpilih masuk African Cup of Nations Team of the Tournament.

Di tengah penampilan bagus di klub maupun timnas, Emenike menikah dengan pemenang ajang kecantikan bertajuk Most Beautiful Girl in Nigeria 2014, Iheoma Nnadi. Ini kompetisi yang berbeda dengan Miss Nigeria. Pemenang Most Beautiful Girl in Nigeria tampil di Miss World, sementara pemenang Miss Nigeria ke Miss Universe.

Ketika pernikahan Emenike dengan Nnadi berlangsung pada 2016, suporter sepakbola digemparkan sebuah berita palsu. "Emmanuel Emenike menceraikan istrinya, Miss Nigeria 2013, untuk menikah dengan pemenang Miss Nigeria 2014," tulis berita yang mendadak viral ke seluruh dunia dan diyakini sebagai kebenaraan oleh beberapa orang hingga bertahun-tahun setelahnya.

Awalnya, Emenike cuek. Tapi, saat kembali ke klub beberapa hari kemudian, dia menjadi bahan lelucon dan ejekan rekan-rekannya. Akibatnya, dia segera mengambil langkah untuk mengklarifikasi.

Atas bantuan media di Nigeria, Pulse Sports, Emenike berhasil menelusuri orang pertama yang mengeluarkan berita tersebut. Ternyata, itu ditemukan di akun Instagram resmi salah seorang penyanyi ternama di Nigeria, Reekado Banks. Emenike langsung menegur orang yang bersangkutan.

"Reekado, anda tidak menghormati saya dan keluarga saya tentang saya yang menceraikan Miss Nigeria 2013 untuk menikahi Miss 2014. Lelucon ini menyebar ke seluruh dunia sekarang. Saya hanya ingin memberi tahu anda bahwa saya tidak akan mengigit anda. Saya meminta anda menghapusnya hari ini dan memikirkan apa yang anda posting di lain waktu," tulis Emenike di Instagram resminya, @emenike_9, ketika itu.

Libero.id

Emmanuel Emenike

Penyelidikan Pulse Sports juga membuktikan bahwa Emenike belum pernah menikah sebelum pernikahannya dengan Nnadi. Pemenang Most Beautiful Girl in Nigeria 2013 adalah Anna Banner, dan Emenike tidak pernah memiliki hubungan dengannya. Begitu juga dengan pemenang Miss Nigeria 2013, Ezinne Akudo Anyaoha.

Tidak diketahui bagaimana cerita ini muncul. Apakah hanya sekadar lelucon atau apa? Tapi, faktanya kabar tersebut sudah tersebar ke seluruh dunia dan diberita media-media mainstream serta diyakini sebagai kebenaran oleh sebagian orang hingga 2021.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network