Jawaban Mourinho tentang Perdebatan Ronaldo vs Messi

"Mourinho pernah membuat pernyataan mengejutkan sembilan tahun lalu."

Feature | 09 April 2021, 13:46
Jawaban Mourinho tentang Perdebatan Ronaldo vs Messi

Libero.id - Cristiano Ronaldo adalah kekuatan alam yang tak terbendung saat masih membela Real Madrid. Pemain asal Portugal itu dianggap sebagai pemain terbaik di generasinya.

Meskipun tidak dapat disangkal perfoma yang dibawa Ronaldo ke Manchester United dan Juventus tak kalah berkelas, tapi semua bakal setuju bahwa pemenang serial Ballon d'Or itu menikmati tahun-tahun terbaik dalam kariernya di Spanyol.

Selain itu, sangat mengejutkan untuk berpikir bahwa Ronaldo mengumpulkan 450 gol dalam 438 pertandingan bersama Los Blancos. Jumlah gol itu melampaui rekor Alfredo di Stefano dan mengantongi empat trofi Liga Champions.

Hari-hari Ronaldo di Real Madrid

Meskipun Ronaldo tersingkir dari Ibu Kota Spanyol dalam kobaran kejayaan, kita tidak bisa lepas dari fakta bahwa tahun-tahun puncaknya datang selama musim awal hingga pertengahan bersama raksasa Eropa tersebut.

Ada argumen yang bisa didapat bahwa Ronaldo memainkan sepak bola terbaiknya bersama Madrid, tepatnya di bawah pengawasan Carlo Ancelotti. Tapi, peran Mourinho juga andil besar dalam kejayaan CR7.

Bagaimanapun, Mou membantu CR7 mencetak 168 gol yang menakjubkan. Pemain berusia 36 tahun itu mencetaknya hanya dalam 164 pertandingan bersama dengan 'Special One'. Kolaborasi mereka memenangkan mahkota La Liga dan trofi Copa del Rey.

Kolaborasi Ronaldo dan Mourinho

Namun, untuk semua penampilan Ronaldo yang menakjubkan di bawah Mourinho, baru pada bulan-bulan terakhir kolaborasi mereka di Madrid, serta kemitraan tersebut berkontribusi pada kemenangan CR7 mendapatkan Ballon d'Or.

Selain itu, pada 2010 hingga 2013 adalah era dominasi Lionel Messi, memenangkan hadiah bergengsi France Football empat kali berturut-turut, tapi Mourinho sangat tidak setuju dengan itu.

Sekarang, itu mungkin terdengar jelas mengingat Mourinho mengelola Ronaldo pada saat itu. Tapi, yakinlah bahwa pelatih asal Portugal itu membuat argumen meyakinkan tentang kedua Legenda tersebut pada 2012.

'Lebih sulit menjadi Ronaldo daripada Messi'

Faktanya, ada alasan bagus untuk berpikir bahwa pemikiran Mourinho yang menarik tentang mengapa Ronaldo memiliki tugas lebih sulit daripada Messi. Mungkin, masih relevan dengan debat Pemain Terbaik Sepanjang Masa (GOAT) hampir satu dekade kemudian.

Menurut Independent, Mourinho mengatakan kepada A Bola. "Merupakan kejahatan bagi Cristiano jika tidak memenangkan Ballon d'Or. Dan, saya terus mengatakan lebih sulit menjadi Cristiano daripada Lionel Messi.”

"Saya akan memberi tahu Anda: Messi tumbuh di tim yang dia mainkan saat ini; dengan rekan satu tim yang bermain dengannya sekarang. Cristiano datang dari Inggris ke tim yang sedang kalah. Dia harus tumbuh dalam dua tahun terakhir bersama tim ini, tim yang sedang dalam konstruksi,” tuturnya.

"Satu bermain sebagai penyerang tengah dan yang lainnya adalah pemain sayap. Messi berada sekitar 50 meter lebih dekat ke gawang dan memiliki pekerjaan defensif yang lebih sedikit. Bagaimana seorang pemain sayap bisa mencetak jumlah gol yang sama seperti penyerang tengah?”

"Ini adalah pemain sayap yang bertahan, pemain sayap yang mengakhiri permainan pada menit ke-94 dengan melakukan sprint untuk mengejar Pedro dalam posisi mencetak gol. Ini adalah pemain yang, dalam situasi bola mati, datang 20 kali ke area pertahanan," tutur Mou.

"Dia sangat penting dalam pengaturan pertahanan. Dia adalah pemain yang tidak dilindungi oleh apa pun atau siapa pun. Ini jauh, jauh lebih sulit," timpal Mou, pelatih yang kini menangani Tottenham Hotspur.

Tampaknya tepat bahwa seorang pria yang terkenal karena strategi 'memarkir bus' untuk kepentingan keamanan taktis hingga sampai pada argumennya sendiri karena dia membuat kasus yang cukup meyakinkan di sini.

Dan, meskipun ada baiknya menambahkan sejumput garam untuk beberapa prasangka pria Portugal dan Real Madrid yang mendasarinya, hanya ada begitu banyak yang dapat Anda tolak dari pendapat salah satu pemikir terbesar sepak bola modern.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network