Enam Tahun Roberto Firmino di Liverpool, Apa yang Sudah Dihasilkan?

"Datang dari Hoffenheim bukan siapa-siapa, kini jadi pemain berpengaruh."

Feature | 14 July 2021, 20:51
Enam Tahun Roberto Firmino di Liverpool, Apa yang Sudah Dihasilkan?

Libero.id - Roberto Firmino telah memperkuat Liverpool selama 6 tahun lamanya, dalam waktu itu ia telah menjadi pemain kunci untuk The Reds dan mengokohkan namanya dalam buku-buku sejarah penting klub yang bermarkas di Anfield itu.

Pemain asal Brasil itu tiba di Anfield pada 6 Juli 2015, dan telah menjadi penandatanganan termahal kedua dalam sejarah klub setelah kesepakatan senilai 29 juta pounds dicapai dengan Hoffenheim.

Firmino adalah pemain yang agak tidak dikenal pada saat itu, tetapi tidak akan terlalu lama baginya untuk menjadi aktor utama dalam kisah sukses tim yang dilatih oleh Jurgen Klopp. 

Pemain berusia 29 tahun itu akan menjadi partner yang baik untuk Sadio Mane dan Mohamed Salah dan terbukti trio lini depan tersebut amat penting bagi kesuksesan yang dinikmati Liverpool selama ini.

Ada banyak hal yang telah diberikan oleh Firmino, dan di sini kami hanya berbagi 
beberapa momen yang tak terlupakan dan statistik yang patut diperhatikan yang diciptakan oleh Roberto Firmino. Mari kita lihat ;

1. Selebrasi dengan Penuh Gaya


Benar-benar sebuah kelalaian untuk tidak memulai daftar ini dengan selebrasi gol Firmino yang terkenal, gayanya dalam merayakan sebuah gol tidak pernah gagal membawa senyum ke wajah seseorang.
Dari mulai tuck and roll, bakat Samba, cinta, menutup mata dan tendangan karate, Firmino memiliki semuanya untuk dipamerkan.

2. Jumlah Gol di Eropa

Firmino memiliki gol terbanyak bersama Liverpool dalam satu musim di Eropa dengan 11 gol, jumlah yang sama dengan Mohamed Salah yang berasal dari musim 2017/18 lalu Dean Saunders (9), Djibril Cisse (8) dan Mane (8) berada di urutan berikutnya dalam daftar di belakang Firmino dan Salah.


3. Pemain yang Konsisten

Ketika Anda berbicara tentang kebugaran dan ketersediaan, Firmino harus menjadi salah satu nama pertama yang diingat sebagai pemain yang tingkat konsistensinya paling bagus.

Dalam enam musim di bawah asuhan pelatih asal Jerman itu, pemain Brasil itu telah membuat 285 penampilan dari kemungkinan 318 - paling banyak dari semua pemain Liverpool sejak kedatangan Klopp pada Oktober 2015.

Gini Wijnaldum (237) dan Sadio Mane (218) berada di urutan kedua dan ketiga dalam daftar, tetapi kepergian pelatih asal Belanda itu memastikan Firmino tidak akan disalip oleh keduanya dalam waktu dekat.

Pertandingan paling banyak yang dilewatkan Firmino dalam satu musim di bawah Klopp adalah 10 pertandingan dan itu adalah musim debutnya.


4. Jumlah Asisst

Firmino sering dikenal sebagai orang yang membuat mesin permainan Liverpool terus berdetak.

Tanpa pamrih adalah satu kata untuk menggambarkannya, tetapi kecerdasan permainannyalah yang membuatnya begitu efektif dan sementara dia menciptakan ruang untuk dimanfaatkan orang lain, dia juga mengatur rekan satu timnya untuk menemukan momen yang pas dalam mencetak gol 

69 assist pemain Brasil itu sejak kedatangan Jurgen Klopp adalah yang terbanyak dari pemain The Reds lainnya.
Dari operan backheel hingga footwork, Firmino sering kali membuat assist jadi tampak lebih mudah.


5. Pemain Brasil yang Paling Sukses


Ada daftar panjang pemain Brasil yang berhasil menaklukkan ketat dan kerasnya  kompetisi di Liga Premier. Tapi tidak ada yang lebih produktif dari Firmino, dengan 66 golnya di liga dan 47 assist, jumlah itu merupakan yang terbanyak dari pemain Brasil mana pun yang pernah bermain di divisi tertinggi sepak bola Inggris – dan itu semua dicapai dalam 211 pertandingan.


6. Juara Dunia Antar Klub


Ada banyak momen yang tak terhitung jumlahnya selama enam tahun Firmino di klub, tetapi satu yang langsung terlintas dalam pikiran adalah kepahlawanannya di Piala Dunia Antar Klub.

Sebuah kompetisi yang sangat berarti bagi si No. 9 itu sebab dia berhasil menyelesaikan tugasnya, mencetak dua dari tiga gol di dua pertandingan, termasuk saat perebutan trofi melawan Flamengo.
Berikan bola kepada Firmino dan dia akan mencetak gol.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network