Unik! Kisah Taiwo Awoniyi Menunggu 6 Tahun untuk Dimainkan Liverpool

"Dipinjamkan ke 6 klub sejak gabung pada 2015. Benar-benar pemain sabar!"

Feature | 14 July 2021, 21:06
Unik! Kisah Taiwo Awoniyi Menunggu 6 Tahun untuk Dimainkan Liverpool

Libero.id - Taiwo Awoniyi  bergabung dengan The Reds pada tahun 2015, dan sekarang sudah tahun 2021, sementara  Liga Premier baru akan bergulir, Liverpool tengah bersiap untuk laga pra-musim, dan itu akan menjadi pramusim pertama bagi Awoniyi di Liverpool, pasalnya 6 tahun kebelakang ia hanya berpindah dari satu klub ke klub lain dengan status pinjaman.

Dalam arti kata lain, Taiwo Awoniyi telah menunggu lama untuk kesempatan ini. Pemain asal Nigeria yang berposisi sebagai striker itu berharap banyak untuk bisa menarik perhatian Jurgen Klopp.

Awoniyi adalah bagian dari skuat The Reds yang terdiri dari 34 pemain yang diperuntukkan untuk latihan pra-musim di Austria dan dengan absennya pemain seperti Roberto Firmino dan Diogo Jota, diperkirakan Awoniyi  akan diberikan menit bermain dalam pertandingan persahabatan yang akan datang.


Pertandingan itu  dimulai minggu depan dengan dua mini-game melawan FC Wacker Innsbruck dan Stuttgart, yang masing-masing akan dimainkan selama 30 menit.

Tentu saja, Awoniyi sangat senang dengan prospeknya, dan mengapa tidak? Perjalanannya ke titik ini sangat panjang, melibatkan hampir tujuh masa peminjaman di tiga negara berbeda. Pada usia 23 tahun, Awoniyi telah menginjak dan bermain di lebih banyak Eropa daripada kebanyakan pemain seusianya..

Lalu Lintas Karier Awoniyi

Sebetulnya Awoniyi merupakan penyerang yang kuat dan pekerja keras, ia telah mencatatkan 139 penampilan profesional dan telah mencetak 34 gol, dengan masa paling produktifnya datang dalam dua tugas di klub Belgia Mouscron, di mana dia mencetak 21 gol dalam 47 pertandingan.

Awoniyi menghabiskan musim lalu di Bundesliga, di mana dia tampil secara reguler untuk Union Berlin sebelum cedera hamstring mengganggu kampanyenya. Ia kemudian pulih di minggu-minggu terakhir, dan menyelesaikan musim dengan lima gol dalam 22 penampilan.

Yang terpenting, pasca-Brexit Awoniyi sekarang telah diberikan izin kerja di Inggris, berarti jalan baru kini telah dibuka, dan itu akan memungkinkannya untuk melanjutkan kariernya di Inggris jika dia mau – baik di Liverpool atau di tempat lain. Fulham, West Brom dan Stoke City adalah di antara sejumlah klub Inggris yang telah menyatakan minatnya.

Namun tampaknya Liverpool belum tertarik untuk melepas Awoniyi. Buktinya
The Reds sempat menolak tawaran sebesar 4,5 juta pounds dari Anderlecht pada bulan Mei yang lewat.

Jika bukan karena cedera hamstring, yang didapat dalam latihan dengan Union Berlin pada Februari,  The Reds yakin Awoniyi akan menerima panggilan untuk membela timnas senior Nigeria.

Awoniyi telah mewakili negaranya dengan perbedaan di pelbagai tingkat usia, Awoniyi memenangkan Piala Dunia U-17 di Dubai pada tahun 2013, ketika itu rekan penyerangnya adalah Kelechi Iheanacho, yang sekarang bermain untuk Leicester.

Perjalanan Awoniyi Kembali ke Liverpool


Liverpool melihat bakat  Awoniyi pertama kali  di Piala Dunia U-20 di Selandia Baru pada 2015, dan akhirnya membayar  400.000 pounds untuk mengamankan jasanya.

Awoniyi bermain untuk Imperial Soccer Academy, dan telah ditetapkan untuk berlatih dengan klub Swedia Kalmar sebelum tawaran The Reds datang.

Sejak itu, Awoniyi hidup nomaden, dengan aturan izin kerja yang berarti dia tidak diizinkan menghabiskan lebih dari dua minggu di Merseyside pada satu waktu. 

Awoniyi menuju Frankfurt terlebih dahulu, lalu ke NEC Nijmegen di Eredivisie. Kemudian datanglah masa-masa yang menggembirakan bersama Mouscron, diapit oleh setengah musim yang kurang produktif bersama Gent, sebelum dua musim di Bundesliga bersama Mainz dan Union.

Awoniyi menghabiskan waktu bersama tim U-23 Liverpool di Kirkby musim panas lalu, membuat para pelatih terkesan dengan sikap, kebugaran, dan kualitas teknisnya.

Awoniyi dikenal menghabiskan berjam-jam mempelajari teknik striker di seluruh dunia, dengan Romelu Lukaku, Robert Lewandowski dan, tentu saja, favoritnya ialah  Firmino.

Awoniyi telah menggambarkan dirinya di masa lalu sebagai "seorang striker yang selalu bermain untuk tim", yang tidak diragukan lagi akan menjadi musik yang indah di telinga Klopp.

Masa depan Liverpool mungkin berada di luar jangkauannya, tetapi akan ada banyak orang yang menonton penampilannya musim panas ini dengan penuh minat.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network